Breaking News:

Ramadan 2021

Usai Berolahraga Sebaiknya Berbuka Puasa Dengan Makanan Manis, Mengapa? Ini Alasannya

Olahraga saat berpuasa bagus untuk kesehatan. Usai berolahraga disarankan berbuka puasa dengan makanan manis. Mengapa?

Shutterstock
Usai Berolahraga Sebaiknya Berbuka Puasa Dengan Makanan Manis, Mengapa? Ini Alasannya 

Laporan Wartawan Tribunnews.com - Ferryal Immanuel

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Olahraga saat berpuasa bagus untuk kesehatan. Usai berolahraga disarankan berbuka puasa dengan makanan manis. Mengapa?

Annisa Julia Angelina, Fisioterapi Persiba Female FC menjelaskan saat buka puasa, diharuskan mengkonsumsi makanan yang manis karena makanan yang manis mengandung glukosa.

"Untuk setiap masyarakat yang berolahrag dimasa puasa harus didukung untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung glukosa karena dengan hal tersebut menggantikan energi yang sempat hilang," ucap Annisa, Selasa (13/4/2022).

Baca juga: Umat Muslim Italia Jalani Ramadan Kedua Dalam Pembatasan Covid-19   

Baca juga: Saat Puasa, Boleh Olahraga Ringan Selama 30 Menit Setiap Hari

Ia menegaskan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung glukosa dapat mempercepat proses pemulihan keadaan dalam tubuh.

Idealnya saat yang tepat untuk berolahraga adalah sebelum sahur, sebelum berbuka dan setelah berbuka.
Idealnya saat yang tepat untuk berolahraga adalah sebelum sahur, sebelum berbuka dan setelah berbuka. (dok.)

Annisa juga menjelaskan bahwa didalam masa puasa dan olahraga harus tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan juga serat.

Ia menjelaskan dengan mengkonsumsi karbohidrat, dapat membantu menurunkan gula darah, tekanan darah, trigliserida.

Selain itu, Annisa menuturkan bahwa protein yang dikonsumsi itu karena proses pencernaannya lebih lambat dan juga seseorang dapat lebih kenyang untuk bertahan lama. Ia menjelaskan makanan yang mengandung protein dapat dikonsumsi seperti putih telur, tempe, dan daging.

"Kalau untuk serat berfungsi untuk menyeimbangan makanan yang dimakan baik karbohidrat dan protein dan membantu proses pembuangan BAB," pungkasnya

Annisa menjelaskan bahwa makanan yang mengandung serat tinggi berupa buah-buahan dan sayur. Hal itu dapat membantu proses pencernaan dengan baik.

Selain itu Fisioterapi Persiba Female FC mengungkapkan bahwa dengan menjalani puasa dan olahraga, perlu didukung dengan nutrisi dan istirahat yang cukup agar dapat me-recovery kondisi tubuh.

Punya pertanyaan seputar zakat , infaq dan sedekah ? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Zakat yang langsung dijawab Baznas (Badan Amil Zakat Nasional)

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved