Breaking News:

Ramadan 2021

Sebaiknya Olahraga Saat Ramadan di Malam Hari, Tapi Perhatikan Porsi Makanan Berbuka Puasa Ya

bagi mereka yang memilih olahraga pada malam hari ini adalah tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan saat berbuka puasa.

dok.
Sebaiknya Olahraga Saat Ramadan di Malam Hari, Tapi Perhatikan Porsi Makanan Berbuka Puasa Ya 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Melakukan kegiatan olahraga atau latihan fisik saat berpuasa merupakan hal yang baik untuk menjaga agar tubuh tetap dalam kondisi bugar dan sehat selama bulan Ramadan.

Lalu apakah boleh berolahraga setelah berbuka puasa?

dr. Pinky Regina Garmiati dari Balai Kesehatan Olah Raga Masyarakat (BKOM) Bandung mengatakan bahwa kegiatan olah raga dapat disesuaikan tergantung pada kebutuhan masing-masing.

Namun tentunya ada hal yang harus diperhatikan saat memilih waktu berolahraga pada malam hari.

Baca juga: Tradisi Ramadan Majelis Taklim Lathiiful Qolbi Bogor, Pesantren Kilat Bekali Santri Norma Luhur

Baca juga: Usai Berolahraga Sebaiknya Berbuka Puasa Dengan Makanan Manis, Mengapa? Ini Alasannya

Ia menjelaskan bahwa olahraga memang bisa dilakukan pada malam hari, tepatnya dua jam setelah berbuka puasa.

Oleh karena itu, hal yang perlu diperhatikan bagi mereka yang memilih olahraga pada malam hari ini adalah tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan saat berbuka puasa.

"Olahraga itu dua jam sesudah berbuka, makanya kalau kita memilih waktunya sesudah salat tarawih ini, maka harus dipastikan pada saat berbuka itu kita tidak kalap, tidak segala dimakan," ujar dr Pinky, dalam talkshow live Instagram @radiokesehatan, Jumat (16/4/2021).

Idealnya saat yang tepat untuk berolahraga di bulan Ramadan adalah sebelum sahur, sebelum berbuka dan setelah berbuka.
Idealnya saat yang tepat untuk berolahraga di bulan Ramadan adalah sebelum sahur, sebelum berbuka dan setelah berbuka. (dok.)

Mengkonsumsi makanan secara berlebihan saat momen berbuka puasa dapat membuat perut terasa kenyang dan memperlambat proses turunnya makanan ke dalam pencernaan.

Jika ini terjadi, tentunya akan membuat waktu olah raga menjadi tertunda.

"Karena kalau kita makan terlalu banyak, kekenyangan, maka makanan yang akan turun ke pencernaan itu akan lama. Nanti waktu kita yang seharusnya dua jam setelah berbuka sudah bisa latihan fisik, malah jadi mundur ya," kata dr Pinky.

Waktu berolah raga yang mundur ini kemudian akan membuat latihan fisik menjadi tidak efektif, karena waktu selesainya pun akan semakin malam.

"Terus nanti ditambah lagi karena kemunduran itu, selesainya jadi lebih lama, itu juga akan mengganggu," jelas dr Pinky.

Punya pertanyaan seputar zakat , infaq dan sedekah ? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Zakat yang langsung dijawab Baznas (Badan Amil Zakat Nasional)

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved