Lebaran 2022

Live Streaming Pengumuman Sidang Isbat 1 Syawal, Idul Fitri Tanggal 2 atau 3 Mei 2022? Cek di Sini

Pengumuman sidang isbat ini nantinya akan disampaikan ke publik secara langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

royanews.tv
Pemerintah melalui Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat 1 Syawal 1443 H pada Minggu (1/5/2022). Cek di sini untuk memantau hasilnya. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah melalui Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat 1 Syawal 1443 H pada Minggu (1/5/2022).

Pengumuman sidang isbat ini nantinya akan disampaikan ke publik secara langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Masyarakat dapat memantau hasil sidang isbat melalui kanal resmi pemerintah yang akan disampaikan melalui Youtube Kemenag serta saluran televisi TVRI, dan RRI.

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, mengatakan secara hisab, posisi hilal di Indonesia pada hari ini, sudah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Malaysia (MABIMS).

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin.
Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin. (Foto: Kemenag RI)

Baca juga: Pantau Arus Mudik Lebaran 2022 via Link CCTV Tol Berikut, Bisa Pakai Aplikasi Travoy, Simak Caranya

Baca juga: 25 Ucapan Idul Fitri 2022, Dilengkapi Gambar, Cocok untuk Dibagikan di Medsos

“Di Indonesia, pada 29 Ramadan 1443 H yang bertepatan dengan 1 Mei 2022 tinggi hilal antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat,” jelas Kamaruddin di Jakarta, Senin (25/4/2022), dikutip dari laman kemenag.go.id.

"Artinya, secara hisab, pada hari tersebut posisi hilal awal Syawal di Indonesia telah masuk dalam kriteria baru MABIMS," imbuh Kamaruddin.

Diketahui, sidang isbat 1 Syawal 1443 H kali ini juga akan digelar secara hybrid, sama seperti tahun sebelumnya.

Hasil sidang isbat nantinya akan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan juga RRI.

“Sidang akan digelar secara hybrid, yakni daring dan luring."

"Sebagian peserta hadir di lokasi acara, sebagian mengikuti secara online melalui zoom meeting,” ujar Kamaruddin, mengutip laman kemenag.go.id.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved