Gunung Kelud Meletus

Soekarwo: Swiss dan Kanada Tertarik Penanganan Erupsi Kelud

Pemerintah negara Swiss dan Kanada menyatakan tertarik pada penanganan Bencana Erupsi Gunung Kelud di Jawa Timur.

Soekarwo: Swiss dan Kanada Tertarik Penanganan Erupsi Kelud
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Gubernur Jawa Timur, Soekarwo menjadi pembicara pada acara diskusi Dewan Guru Besar Universitas Indonesia (UI) bertajuk Indonesia Menjawab Tantangan: Kepemimpinan Menjadi Bangsa Pemenang di aula Fakultas Kedokteran UI, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2013). Serial kedua diskusi ini juga menghadirkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie yang merupakan tokoh sentral masing-masing partai. Sivitas akademika UI menghadirkan mereka untuk mendengarkan pemaparan dan visi pembangunan kepemimpinan di Indonesia. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM.SURABAYA, - Pemerintah negara Swiss dan Kanada menyatakan tertarik pada penanganan Bencana Erupsi Gunung Kelud di Jawa Timur. Kedua negara tersebut mengundang Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, untuk presentasi terkait penanganan bencana gunung api di perbatasan Kabupaten Kediri-Blitar tersebut.

"Kedua negara tersebut meminta saya presentasi soal penanganan bencana Kelud, mereka tertarik karena bencana mampu tertangani dengan waktu singkat," kata Soekarwo saat menggela inspeksi mendadak (sidak) pelaksanaan Ujian Nasional di SMK 8 Surabaya, Senin (14/4/2014).

Melalui masing-masing kedutaan besar negara tersebut, kata Soekarwo, kinerja Pemprov Jawa Timur diapresiasi karena pemulihan pasca-erupsi ditarget tidak sampai waktu sebulan.

"Padahal yang ditangani pengungsi di atas 12.000, sedangkan kerusakan rumah mencapai 14.000," ujarnya.

Menurut dia, kedua negara tersebut juga menanyakan apa benar biaya penanganan ditanggung 100 persen oleh Pemprov Jatim, sementara pemerintah pusat dalam hal ini hanya sebagai pemantau saja.

Soekarwo mengaku telah menyampaikan model penanganan tersebut apa adanya. Menurutnya, Pemprov Jatim mampu menyinergikan antara TNI dan Polri menjadi satu bagian dalam penanganan dan dikendalikan langsung oleh Gubernur.

"Sinergi seperti itu jarang terjadi, antara TNI dan Polri serta Gubernur bergabung menjadi satu untuk ikut serta dalam penanganan erupsi Gunung Kelud," pungkasnya.

Tags
Soekarwo
Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved