Breaking News:

Gempa 4,7 SR Goyang Sumba Tengah

Gempa bumi dengan kekuatan 4,7 skala Richter (SR) mengguncang Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT).

SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Pengawasan data aktivitas Gunung Kelud melalui getaran gempa (seismograf) Gunung Kelud di Pos Pengamatan Gunung Api Kelud, Kabupaten Kediri, Minggu (16/2). Empat hari pasca letusan, status Gunung Kelud masih dinyatakan awas dan zona steril bagi masyarakat masih 10 km dari puncak Gunung Kelud. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM, LARANTUKA - Gempa bumi dengan kekuatan 4,7 skala Richter (SR) mengguncang Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Kupang, Sudaryono, kepada Kompas.com, Rabu (30/4/2014), mengatakan, gempa tersebut berlangsung sekitar pukul 09.20 Wita, dengan lokasi 4,46 lintang selatan dan 120, 02 bujur timur, yang berkekuatan 4,7 SR dan kedalaman 79 kilometer.

“Pusat gempa di laut 37 kilometer kilometer Timur Laut, Sumba Tengah. Sampai saat ini belum ada informasi tentang kerusakan bangunan dan korban jiwa,” kata Sudaryono. Menurut Sudaryono, dilihat dari kekuatan gempa bumi tersebut kemungkinan kecil terjadi tsunami.

Kata Sudaryono, tsunami bisa terjadi jika gempa kekuatan di atas 6,5 SR dan kedalaman di bawah 60 kilometer. “Dipastikan tidak akan ada tsunami karena kekuatannya termasuk kecil. Gempa ini juga dirasakan III MMI di Waingapu ibukota Kabupaten Sumba Timur,” kata dia.

Editor: Rendy Sadikin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved