Gunung Kelud Meletus

Jalan Penuh Pasir, Pengunjung Disarankan Tidak Mendaki ke Puncak Kelud

"Saya kira kalau ada pagar besi pengaman yang dipasang di sepanjang rute ke puncak, akan sangat membantu bagi pengunjung sekaligus mengurangi resiko

Jalan Penuh Pasir, Pengunjung Disarankan Tidak Mendaki ke Puncak Kelud
Kawasan Gunung Kelud di Jawa Timur 

TRIBUNNEWS.COM,KEDIRI - Meski status Gunung Kelud  sudah kembali normal dan tidak ada larangan untuk naik ke puncak.

Namun mengingat kondisi riil di puncak masih banyak tumpukan  material pasir, kerikil dan bebatuan kondisinya belum memungkinkan untuk dilewati.

"Kondisi  sarana dan prasarana jalannya masih banyak yang rusak. Sehingga  berisiko terpeleset, maka sebaiknya jangan dulu terlalu dipaksakan naik ke puncak," ungkap Letkol Inf Heriyadi, Komandan Kodim 0809 Kediri kepada Surya Online(Tribunnews.com Network) , Selasa (12/8/2014).

Dandin menyarankan sebaiknya pengunjung dan wisatawan yang datang ke Gunung Kelud cukup melihat kondisi puncak dari jarak sekitar 2 km.

Karena jalan menuju puncak masih banyak dipenuhi timbunan pasir dan kerikil vulkanik.

"Saya kira kalau ada pagar besi pengaman yang dipasang di sepanjang rute ke puncak, akan sangat membantu bagi pengunjung sekaligus mengurangi resiko terjatuh dan terpeleset ke tebing gunung," jelas Letkol Inf Heriyadi.

Apalagi kondisi medan di kawasan puncak banyak  yang curam dan tidak ada pepohonan untuk berpegangan.

Setelah statusnya ditetapkan kembali normal, sejumlah pejabat Muspida Kabupaten Kediri melakukan ekspedisi naik ke puncak Gunung Kelud.

Meski masih terlihat gersang setelah disiram abu vulkanik, namun di sejumlah titik puncak Gunung Kelud sudah memperlihatkan semainya tetumbuhan dan tanaman.

Sudah ada yang menghijau karena tumbuhnya rumput dan semak-semak.

Halaman
12
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved