Breaking News:

Bibit Didatangkan dari Indonesia, Kini Brasil Produsen Kopi Terbesar Dunia

Devisa yang diperoleh Indonesia dari produksi 400.000 ton kopi per tahun mencapai 1,3 milar dollar AS.

Ira Rachmawati/Kompas.com
Kontes Kopi Spesialti Indonesia yang diadakan di Pendopo Shaba Swagata Blambangan Senin (19/10/2015) 

Tribunnews.com, Banyuwangi - Devisa yang diperoleh Indonesia dari produksi 400.000 ton kopi per tahun mencapai 1,3 milar dollar AS.

Hal tersebut disampaikan Pranoto Soenarto, Ketua Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia kepada Kompas.com, Senin (19/10/2015), saat ditemui dalam Kontes Kopi Spesialti Indonesia di Pendopo Shaba Swagata Blambangan, Banyuwangi.

"Berapa pun kopi Indonesia yang dihasilkan selalu terserap dengan baik di dunia dan setiap tahun permintaan selalu mengalami peningkatan," kata Pranoto.

Menurut Pranoto harga kopi Indonesia jenis Robusta mencapai Rp 20.000-22.000 rupiah per kilogram dan jenis Arabica 5 dolar AS per kilogram.

"Jika Robusta mengikuti pasaran London dan Arabica premium mengikuti pasaran New York," tambahnya.

Saat ini, penghasil kopi terbesar adalah Brasil, lalu Vietnam dan Indonesia di posisi ke tiga. Kopi Indonesia sendiri mencukupi kebutuhan 20 persen kebutuhan kopi dunia.

"Di Indonesia per hektar secara rata-rata menghasilkan 800 kilogram kopi dan maksimal 2 ton. Jika Vietnam per hektar bisa menghasilkan maksimal 4 ton dan Brasil lebih besar hingga 11 ton per hektar," papar Pranoto.

Padahal menurut Pranoto, bibit kopi di Brasil didatangkan dari Indonesia pada jaman VOC sedangkan Vietnam baru mulai menanam kopi pada 19 tahun terakhir.

"Banyak hal yang mempengaruhi kuantitas kopi selain bibit, pupuk, wilayah geografis yang terpenting adalah perawatan. Saat ini di Indonesia, petani kopi masih belum maksimal melakukan perawatan karena kopi bukan pekerjaan utama," kata dia.

"Kami mendorong minimal petani menghasilkan kopi 1,5 ton per hektar," lanjutnya.

Saat ini, sambung Pranoto, kopi Indonesia yang banyak disukai oleh dunia berasal dari Toraja, Aceh, Mandailing serta Jawa.

"Indonesia adalah penghasil kopi terbaik dunia. Dari hasil kopi, 75 persen adalah jenis Robusta dan 25 persen adalah jenis Arabica," pungkasnya.
(Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati)

Berita Populer
Editor: Gusti Sawabi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved