Gempa Terasa Hingga Nias

Karena itu, tidak sedikit warga Nias berhamburan ke luar rumah.

Gempa Terasa Hingga Nias
Thekidswindow
Ilustrasi gempa tektonik 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Jefri Susetio

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN  -  Gempa bumi dengan kekuatan 6.0 SR yang berpusat di 85 km barat daya Mandailing Natal, dikabarkan terasa hingga Pulau Nias, Sumatera Utara.

Karena itu, tidak sedikit warga Nias berhamburan ke luar rumah.

Fanny, warga Desa Afia Gunung Sitoli Utara mengatakan, getaran gempa cukup kuat meskipun hanya berlangsung beberapa detik. Oleh sebab itu, dia bersama warga lainnya memutuskan untuk keluar rumah.

"Saat gempa berlangsung, saya baru dari kebun untuk mengambil cabai rawit. Namun, saat berada di rumah tiba-tiba gempa, makanya saya bawa anak untuk keluar rumah dan bersama warga lainnya berada di pekarangan rumah," ujarnya saat dihubungi www.tribun-medan.com, Minggu (8/11/2015) petang.

Selain itu, kata Fanny, tidak ada kerusakan rumah warga ataupun rumah toko di seputaran Desa Afia Gunung Sitoli.

Sehingga, besar kemungkinan gempa bumi yang terasa di Nias tidak menimbulkan kerusakan.

"Untuk di desa saya belum ada kerusakan. Memang getaran terasa kuat bergoyang-goyang tapi enggak lama. Suami juga tadi berada di luar, ketika pulang bilang tak ada kerusakan apapun dan warga sekitar sudah kembali masuk ke dalam rumah," katanya.

Menurutnya, masyarakat Nias sudah terbiasa dilanda gempa bumi, sehingga tidak terlalu panik ataupun mencari dataran tinggi sebagaimana yang lazim terjadi diberbagai daerah lain di Indonesia.

"Kalau di Nias sudah sering gempa bumi. Kalau digoyang kecil sudah terbiasa. Makanya saya dan warga Desa Afia Gunung Sitoli Utara lainnya hanya keluar rumah saat gempa bumi. Kalau sekarang sudah kondusif, warga sudah kembali ke rumah masing-masing," ujarnya.

Pada pemberitaan sebelumnya, Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB mengatakan, pusat gempa bumi yang menggoyang Sumatera Utara, Sumatera Barat berada di 85 km barat daya Mandailing Natal.

"Kronologis gempa terjadi dengan kekuatan 6.0 SR, kedalaman mencapai 96 KM, lokasi 0.57 LU, 98.71 BT. Gempa terasa kuat di Kabupaten Mandailing Natal selama lima detik, masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Belum ada dampak kerusakan," ujarnya.

Dia menuturkan, guncangan gempa terasa selama lima detik, di Kabupaten Nias Selatan. Sehingga, masyarakat sempat panik dan belum ada dampak kerusakan. Gempa tidak berpotensi Tsunami.

"Gempa dirasakan di Sumutara Utara, dan Sumatera Barat. Korban jiwa belum ada, kerugian material nihil. Berdasarkan peta gempa dirasakan intensitas gempa III-IV MMI di Mandailing Natal, II-III MMI di Tapanuli Selatan, II-III MMI di Padang, III MMI di Gunung Sitoli, II MMI di Pulau Samosir, II-III MMI di Mentawai, dan III-IV di Padang Sidempuan," katanya.

Editor: Wahid Nurdin
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved