Breaking News:

Joint Harus Jadi Pendidikan Politik Yang Baik Dalam Menjaring Calon Pemimpin

Garin Nugroho akhirnya terpilih sebagai Cawalkot Yogyakarta yang akan diajukan oleh Joint setelah mendapat nilai tertinggi dari 9 panelis

zoom-inlihat foto Joint Harus Jadi Pendidikan Politik Yang Baik Dalam Menjaring Calon Pemimpin
tribun jogja/Khaerur Reza
Garin Nugroho terpilih sebaga Cawalkot Yogyakarta yang akan dimajukan Joint guna mengikuti Pilkada 2017 yang akan datang.

Laporan Reporter Tribun Jogja, Khaerur Reza

TRIBUNNEWS.COM JOGJA - Garin Nugroho akhirnya terpilih sebagai Cawalkot Yogyakarta yang akan diajukan oleh Joint setelah mendapat nilai tertinggi dari 9 panelis dan masyarakat yang mengikuti konvensi terbuka di JEC Yogyakarta Minggu (17/4/2016).

"Ada leadership, konsep ekonomi kerakyatan, tata kelola birokrasi serta etika kepemimpinan. Kami tidak memprediksi sebelumnya (Garin Nugroho terpilih)," ujar ketua tim panelis, Busyro Muqoddas menjelaskan tentang kriterianya.

Saat ini dengan kepercayaan yang sudah dipegang dari panelis dan masyarakat karena warga ikut yang tak kalah penting bukan hanya bagaiamana memenangi ini tapi bagaimana mereka sudah memulai tradisi baru pendidikan demokrasi yang berbasis partisipasi masyarakat.

Anggota panelis yang lain, Zainal Arifin Mochtar mengatakan dengan keterlibatan masyarakat masyarakat membuat proses konvensi ini sangat bagus.

Dia juga menghimbau calon yang terpilih untuk menghindari sejauh mungkin praktek-prektek politik uang yang masih mengakar di masyarakat, selain itu pasti akan ada pula tudingan deparpolisasi dari parpol.

"Ini yang harus kita jawab bahwa ini bukan deparpokisasi, tapi semangat independen ini timbul karena calon dari parpol yang menampilkan lu lagi-lu lagi tidak ada pembelajaran politik dan demokrasi di sana," pungkasnya. (*)

Penulis: Khaerur Reza
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved