Breaking News:

Minim Guru, Bhabinkamtibmas Ikut Mengajar

SDN 1 Suka Banjar hanya memiliki dua orang guru berstastus pegawai Negeri sipil (PNS).

Editor: Wahid Nurdin
TRIBUN LAMPUNG/WAKOS GAUTAMA
Karena kurangnya tenaga pengajar, Bhabinkamtibmas turut serta diterjunkan untuk mengajar di SD 1 Suka Banjar 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Wakos Gautama  

TRIBUNNEWS.COM, LIWA - Anggota Polres Lampung Barat Brigadir Sudarto yang bertugas sebagai Babin Kamtibmas Pekon Ujung Rembun, Kecamatan Lumbok Seminung, Lampung Barat memiliki tugas tambahan. 

Tidak hanya menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat di pekon setempat, Sudarto membantu mengajar siswa SDN 1 Suka Banjar yang bersebelahan dengan pekon Ujung Rembun.

Keterlibatan Sudarto sebagai tenaga pengajar karena keprihatinannya terhadap minimnya tenaga pendidik di sekolah dasar tersebut.

SDN 1 Suka Banjar hanya memiliki dua orang guru berstastus pegawai Negeri sipil (PNS).    

Sudarto juga mengagas dibuatnya perpustakaan dengan menyediakan buku-buku sebagai bacaan siswa dan masyarakat daerah tempat anggota tersebut berdinas.

Perpustakaan dengan jumlah buku mencapai ratusan itu merupakan sumbangan Anggota Polres Lampung Barat dan jajaran.

Ujung Rembun dan Suka Banjar merupakan dua pekon yang masih terisolasi di lambar dan sebagai pemukiman tertinggi di Lampung Barat.

Kapolres Lampung Barat Ajun Komisaris Besar Andy Kemala mengatakan, munculnya ide Bhabin Kamtibmas membantu mengajar di sekolah dan menyediakan perpustakaan bermula saat pihaknya melakukan kunjungan ke daerah yang hanya bisa dijangkau kendaraan roda dua beberapa waktu lalu.

Saat menggelar pertemuan dengan masyarakat dan pihak sekolah, terungkap bahwa sekolah itu kekurangan tenaga pendidik.

“Sehingga muncullah keinginan dari anggota Bhabin Kamtibmas untuk ikut membantu mengajar siswa dengan ikhlas tampa mengharapkan imbalan,” kata dia, Selasa (5/3/2016).

Tidak hanya mengajar, kata Andy, Sudarto juga memiliki ide membuat perpustakaan Bhabinkamtibmas.

“Tentunya ide itu langsung saya respon baik, dan saya minta seluruh anggota yang jumlahnya sekitar 500 orang untuk ikut menyumbang buku. Hasilya alhamdulilah sekarang cukup banyak buku dan pada Sabtu (30/4/2016) perpustakaan itu kami resmikan,” ujarnya.

Jadwal mengajar Sudarto menyesuaikan dengan tugas pokoknya sebagai anggota kepolisian. Yaitu pada hari-hari tertentu atau saat ada waktu senggang Brigpol Sudarto ikut membantu mengajar siswa.(*)

Sumber: Tribun Lampung
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved