Breaking News:

Polres Jember Gerebek Empat Industri Rumahan Mercon

Polres Jember menggerebek tiga rumah produksi petasan di tiga lokasi dan waktu berbeda. Para pembuat sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

Surya/Haorrahman
Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif memamerkan hasil tangkapan mercon selama Ramadan di Polres Jember, Senin (20/6/2016). 

Laporan Wartawan Surya, Haorrahman

SURYA.CO.ID, JEMBER - Polres Jember menggerebek tiga rumah produksi petasan di tiga lokasi dan waktu berbeda. Para pembuat sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

"Selama Ramadan kami intensif memberantas tempat-tempat yang digunakan memproduksi mercon," kata Kapolres Jember, AKBP Sabilul Alif, Senin (20/6/2016).

Penangkapan terhadap pembuat petasan terbesar dalam satu tahun terakhir ini. Setidaknya ada enam tersangka dan puluhan kilogram bahan peledak yang diamankan.

Satu dari sekian rumah yang digerebek adalah milik Sumah Suyono (22), warga Desa Karang Bayat Kecamatan Sumberbaru.

Saat polisi datang, Suyono tengah memproduksi petasan bersama Bunyamin (29), waga Karang Bayat, Kecamatan Sumberbaru.

Dari rumah tersangka, polisi menemukan 50 butir petasan, empat kilogram potassium dan satu bundel sumbu petasan. Mereka memproduksi petasan untuk dijual bebas.

Berdasarkan keterangan tersangka, keuntungan menjual petasan digunakan untuk belanja lebaran. Tersangka memproduksi petasan berbagai ukuran, terbesar sampai diameter 15 sentimeter.

Pada 14 Juni, polisi menggerebek rumah Abusiri (50) di Jenggawah, Sumberbaru dan Bangsalsari. Polisi menemukan pelalku tengah memproduksi petasan dibantu Hari Mulyadi (55).

Polisi menemukan bahan-bahan petasan di antaranya arang halus, sumbu petasan, dua kilogram serbuk mesiu, peralatan pembuat petasan, 150 rangkaian petasan siap ledak dan 1.255 casing petasan kertas.

Halaman
12
Editor: Y Gustaman
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved