Regeneration and Recognition Membius Penonton Ijen Summer Jazz

Regeneration and recogniton menjadi tema penting yang diusung di event yang digelar di Jiwa Jawa Resort, terletak di kaki Gunung Ijen.

Regeneration and Recognition Membius Penonton Ijen Summer Jazz
Surya/Haorrahman
Harvey Malaihollo berkolaborasi bersama Shadow Puppets tampil di Banyuwangi Ijen Summer Jazz yang berlangsung di Jiwa Jawa Resort, kaki Gunung Ijen, Sabtu (22/10/2016). SURYA/HAORRAHMAN 

Laporan Wartawan Surya, Haorrahman

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Banyuwangi Ijen Summer Jazz memasuki gelaran terakhir tahun ini pada Sabtu (22/10/2016) malam.

Regeneration and recogniton menjadi tema penting yang diusung di event yang digelar di Jiwa Jawa Resort, terletak di kaki Gunung Ijen.

Regenerasi diawali dengan penampilan Lalare Orkestra Banyuwangi, yang membawa penonton larut dalam musik tradisi Tanah Blambangan. Grup yang berisi anak-anak Banyuwangi ini baru saja meraih penghargaan tingkat dunia dari Pacific Asia Travel Association (PATA), untuk kategori Heritage and Culture.

Seteleh penampilan mereka, giliran sang maestro gitar Indonesia, I Wayan Balawan tampil bersama bandnya, Batuan Etnic Fusion.

Di Ijen Summer Jazz ini, Balawan membawa personelnya yang masih anak-anak. Kanaya pada drum masih berusia 12 tahun, dan Gede pada keyboard di usia 16 tahun.

"Anak-anak akan percaya diri, ketika musisi senior mau mengesampingkan ego dengan mengajak mereka bermain," kata Balawan.

Band yang didirikan pada 1997 itu‎ langsung membuat penonton bertepuk tangan, dengan musik instrumen yang cepat. Teknik gitar Balawan yang dikenal dengan touch tapping style, berpadu rancak dan cepat dengan gamelan besi, gendang, cengceng, bass dan drum.

"Belum pusing kan?" tantang Balawan kepada penonton.

Genre Batuan Etnic Fusion yang memadukan unsur jazz fusion dengan irama pentatonik gamelan Bali, membuat penonton kian bersemangat dan terpukau.

Halaman
123
Editor: Y Gustaman
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved