Breaking News:

Lebaran 2017

Fakta Tersembunyi di Balik Lebaran dan Ketupat yang Jadi Tradisi di Indonesia

Di Indonesia, Idul Fitri selalu dinanti karena saat itulah sanak saudara berdatangan dari jauh untuk saling mengucap maaf

TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO

SURABAYA - Sebulan penuh sudah umat Muslim di Indonesia menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Besok (25/6/2017), kita akan merayakan hari Idul Fitri 1438 H.

Di Indonesia, Idul Fitri selalu dinanti karena saat itulah sanak saudara berdatangan dari jauh untuk saling mengucap maaf, bersilaturahmi, dan menyantap aneka makanan enak bersama-sama.

Nah, kali ini Surya.co.id akan membeberkan sejumlah fakta menarik yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Lebaran

Kita semua tentu tak asing dengan istilah Lebaran yang diasosiasikan dengan Idul Fitri.

Namun tahukah kamu bahwa istilah Lebaran sebenarnya diserap dari tradisi Hindu. Menurut MA Salmun dalam artikelnya yang dimuat di majalah "Sunda" pada tahun 1954, lebaran berarti 'selesai, usai, atau habis'. Dalam konteks Ramadhan, istilah ini dipakai untuk menandai berakhirnya puasa.

Mengapa sampai kemudian istilah ini dipakai? Bisa jadi, itu merupakan strategi para Wali di tanah Jawa agar umat Hindu yang saat itu baru memeluk Islam, tidak asing dengan agama yang baru dianutnya.

Namun makna itu sendiri masih bisa diperdebatkan. Bahkan sebagian orang Jawa memiliki makna berbeda mengenai kata Lebaran. Ada yang menganggap, Lebaran berasal dari bahasa Jawa yaitu "wis bar" atau sudah selesai. Maksudnya, sudah selesai menjalankan ibadah Puasa. Bar sendiri dianggap sebagai bentuk sederhana dari kata Lebar yang artinya telah usai.

2. Ketupat

Ketupat atau nasi lontong yang dikemas di dalam janur yang dijalin sedemikian rupa, adalah menu makanan tradisional yang selalu ada saat Lebaran, khususnya sejak hari ketujuh setelah jatuhnya 1 Syawal.

Halaman
12
Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved