Waktu Masih Tinggal di Indonesia, Obama Pernah Datangi Candi Borobudur

Obama sempat meminta supaya candi tidak ditutup bagi kunjungan wisatawan lain saat dirinya berada di sana

Editor: Eko Sutriyanto
STR / AFP
Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama (tengah) dan keluarganya tiba di Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/6/2017). Obama menghabiskan waktu 10 hari untuk berlibur bersama keluarga di Indonesia, seperti di Bali, Yogyakarta dan Jakarta, kota tempatnya menghabiskan masa kecil. 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA  - Usai menikmati liburan di Pulau Dewata, Bali, Presiden Amerika Serikat ke-44, Barrack Obama bersama sang istri, Michelle Obama dan kedua putrinya, Malia dan Sasha, Rabu (28/6) terbang ke Yogyakarta.

Selama di Yogyakarta, presiden pertama kulit hitam itu menginap di Hotel Tentrem di Jalan AM Sangaji Yogyakarta.

Begitu turun dari pesawat jet pribadi yang mendarat di Base Ops Bandara Lanud Adisucipto, Obama yang disambut Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, langsung menuju Hotel Tentrem.

Pengamanan oleh TNI dan Polri di sekitar hotel pun sudah dilakukan jelang kedatangannya dari bandara.

Sekitar pukul 12.45 WIB, iring-iringan kendaraan rombongan Obama memasuki gerbang sisi selatan hotel dengan dikawal oleh petugas kepolisian.

Sebelumnya juga telah dilakukan rekayasa lalulintas oleh pihak kepolisian. Selain itu kondisi jalan juga telah steril dari kendaraan.

Dan setelah beristirahat sejenak, sekitar pukul 15.30 WIB, rombongan keluar dari Hotel Tentrem dengan iring-iringan kendaraan dan pengamanan dari kepolisian, menuju Candi Borobudur. Kondisi jalan pun juga telah disterilkan sama seperti saat kedatangannya dari bandara.

Saat bertolak menuju Candi Borobudur, tampak dari kejauhan istri Barrack Obama, Michelle Obama di dalam mobil berwarna hitam duduk di sisi kiri di dekat jendela. Tampak Michelle mengenakan baju berwarna putih.

Sementara itu Obama duduk di sisi kanan Michelle dan sempat mengangkat tangannya sejenak menyapa masyarakat dan awak media yang berdiri di tepi jalan.

Iring-iringan kendaraan rombongan Obama pun terus melaju menuju Borobudur.

Di Candi Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Obama masuk kompleks taman wisata tidak melalui main gate atau loket wisatawan umum namun melalui Pintu VII Hotel Manohara.

Kemudian rombongan mobil Obama langsung naik menuju zona 1 Candi Borobudur melalui pintu Kenari yang merupakan akses VVIP tamu-tamu kenegaraan.

Penjagaan terlihat sangat ketat. Awak media hanya diperbolehkan meliput di depan pintu Kenari, dan tidak boleh naik ke candi umat Buddha terbesar di dunia itu.

Kepala Polres Magelang AKBP Hindarsono menyatakan, kunjungan Obama ke Borobudur bukan kunjungan kenegaraan melainkan hanya wisata keluarga.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved