Tiga Hari Kedepan Kota Medan Akan Dilanda Hujan Ringan

Syahnan juga mewanti-wanti masyarakat yang tinggal di dataran tinggi mengantisipasi terjadinya longsor

Editor: Eko Sutriyanto
Ilustrasi hujan lebat. 

Laporan Wartawan Tribun Medan Array A Argus

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN  - Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Syahnan mengatakan kondisi cuaca di Kota Medan tiga hari kedepan akan dilanda hujan ringan. Selain dilanda hujan ringan, Kota Medan juga akan dilanda angin kencang.

"Terjadinya hujan ringan hingga lebat di sebahagian Kota Medan ini akibat gangguan cuaca di Laut Cina Selatan dan Samudera Hindia Barat, yang kemudian membentuk belokan angin ke Sumatera Utara. Karena gangguan cuaca ini, terjadi peningkatan pertumbuhan awan konvektif," kata Syahnan, Selasa (28/11/2017) sore.

Ia mengatakan, tak hanya Kota Medan, beberapa kota lainnya seperti Binjai, Langkat dan Deliserdang juga diprediksi hujan. Hanya saja, waktu terjadinya hujan kemungkinan di pagi atau sore hari.

"Untuk hari ini, ada 21 kawasan yang diprediksi mengalami hujan ringan hingga lebat. Sejak pagi tadi, memang Kota Medan lebih awal dilanda hujan ringan," kata Syahnan.

Baca: Warga Medan Mengadu ke Jokowi, Mereka Sebut Hidupnya Terkekang dan Kerap Dipungli

Kondisi hujan ringan juga disusul wilayah Labuhan Batu, dan Toba Samosir. Kemudian, meluas ke Tanah Karo, Serdang Bedagai, Samosir, Asahan, Batubara, Labuhan Batu Selatan, Humbang Hasundutan, serta Tapanuli Utara.

"Kondisi yang sama juga terjadi di wilayah Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, Simalungun, dan Tapanuli Tengah," katanya.

Syahnan juga mewanti-wanti masyarakat yang tinggal di dataran tinggi mengantisipasi terjadinya longsor.

Curah hujan yang tinggi di beberapa kawasan menyebabkan tanah di kawasan pegunungan menjadi gembur.

"Suhu udara di Kota Medan yakni 23-31 derajat. Untuk tekanan anginnya juga masih normal, dikisaran 20 Knot perjam," kata Syahnan menambahkan jika kelembaban di Medan berkisar 70 hingga 95 persen. (Ray/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved