Breaking News:

Perkembangan Komunitas Baca di Lombok Utara Bermula dari Novel Laskar Pelangi

Membangun komunitas baca di kalangan perempuan di Lombok Utara tak mudah karena ada stigma.

Tribunnews.com
Founder Klub Baca Perempuan Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Nursyida Syam, di gedung Gondang, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lomblk Utara, NTB, Kamis (21/12/2017). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM,LOMBOK UTARA - Founder Klub Baca Perempuan Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat Nursyida Syam menceritakan perjalanannya membangun komunitas baca di wilayah itu.

Ia memaparkannya saat ditemui di gedung Gondang, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Kamis (21/12/2017).

Semua berawal dari novel "Laskar Pelangi" rilisan tahun 2005. Banyak orang membicarakan novel karya Andrea Hirata itu, karena dinilai mendidik dan menginspirasi.

Karena novel itu pula, Nursyida dan empat kawannya memiliki keinginan membangun komunitas baca.

"Klub baca perempuan dari Desember 2006. Dari situ bermula dan sampai saat ini. Awalnya, kita hanya punya 200 eksemplar buku, berkembang menjadi 24 cabang taman membaca," kata Ida, sapaan akrabnya.

Membangun komunitas baca di kalangan perempuan di daerahnya tak mudah. Ada saja stigma yang menghambat perkembangan komunitas tersebut.

Terutama para ibu rumah tangga yang merasa mengajak orang lain untuk membaca merupakan pekerjaan Pemerintah. Namun, kenyataan tersebut tak menyurutkan niat Ida dan kawan-kawannya.

Nah, media turut andil menginformasikan aktivitas positif mereka kepada masyarakat secara lebih luas. Masyarakat yang tadinya apatis kini jadi bagian dari komunitas baca.

Saat ini taman bacaan yang dibangunnya bersama kawan-kawan memiliki koleksi 17 ribu buku. Buku-buku merupakan sumbangan dari berbagai sumber.

Misalnya dari Gramedia, Taman Baca Marvels, Pemerintah Pusat, dan kawan-kawan di seluruh Indonesia yang rutin mengirimkan buku.

Sejauh ini, menurut dia, pengenalan semangat literasi semakin meningkat tiap tahunnya di Kabupaten Lombok Utara.(*)

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved