Breaking News:

Australian Bantu Petani Jagung dan Cabe di Madura Tingkatkan Produktivitas, Ini Programnya

Australia berencana membantu meningkatkan potensi komoditas jagung dan cabai Madura.

Editor: Sugiyarto
surya/muchsin
Minister Konselor dari Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Fleur Davies, saat menjelaskan komitmenya untuk membantu petani jagung dan cabai di Madura. 

TRIBUNNEWS.COM, PAMEKASAN - Australia berencana membantu meningkatkan potensi komoditas jagung dan cabai Madura.

Keseriusan ini ditandai dengan kedatangan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kedutaan Australia, ke Sampang dan Pamekasan, Kamis (15/3/2018) malam.

Kedatangan Bappenas dan Kedutaan Australia untuk meninjau kerjasama antara pemerintah dengan sektor swasta dalam meningkatkan pendapatan petani serta membantu pencapaian target pembangunan nasional.

Saat ke Pamekasan, mereka  ditemui Plt Sekdakab Pamekasan, Mohammad Alwi, Ketua Komisi II DPRD Pamekasan, Apik,  sejumlah satuan kepala perangkat daerah (SKPD) terkait, di ruang peringgitan dalam Pendopo Ronggosukowati, Pamekasan.

Deputi Pendanaan Pembangunan Bappenas, Kennedy Simanjuntak, mengatakan Madura memiliki bebagai komoditas dengan pontensi ekonomi yang besar.

Komoditas ini dapat dikelola dan dikembangkan sebagai aset ekonomi berharga dan dapat meningkatkan pendapatan petani, seperti jagung dan cabai.

Dikatakan, sejak 2014 lalu, pemerintah Indonesia dan Australia bekerjasama di Madura, melalui program PRISMA.

"Lembaga PRISMA ini bermitra dengan pemerintah dan swasta untuk memacu pertumbuhan pasar dengan mengatasi kendala yang menghambat produktiivitas, kinerja dan akses pasar bagi petani. Sehingga petani mampu meningkatkan pendapatannya," kata Kennedy.

Minister Konselor dari Kedutaan Besar Australia, Fleur Davies, menambahkan pemerintah Australia berkomitmen untuk memfasilitasi petani kecil di Indonesia dengan tujuan meningkatkan produktivitas.

Sehingga dengan penerapan Good Agriculuture Practice (GAP) atau praktek budidaya pertanian yang yang baik dan akses terhadap input pertania yang lebih baik, seperti yang ditunjukkan di Pamekasan dan Sampang.

Halaman
12
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved