Breaking News:

Tol Laut ke Sebatik Kurangi Biaya Logistik

Diyakini hadirnya tol laut juga akan jadi mesin penggerak pertumbuhan ekonomi di perbatasan

Editor: Eko Sutriyanto
POS KUPANG/NOVEMY LEO
ILUSTRASI - Kapal Tol Laut, KM Cemara Nusantara 1 sedang mengangkut sapi dari Pelabuhan Tenau Kupang NTT. Kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah untuk membangun Tol Laut membantu para peternak memangkas waktu pengiriman ternaknya. POS KUPANG/NOVEMY LEO 

Laporan wartawan Tribun Kaltim Muhammad Arfan

TRIBUNNEWS.COM, TANJUNG SELOR - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah memulai operasional rute Tol Laut di Tanah Air. Salah satunya, trayek yang menjangkau Kalimantan Utara yaitu Tanjung Perak - Belang-Belang - Sangatta - Sebatik - Tanjung Perak.

Trayek tersebut kata Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie dalam siaran pers resminya kepada Tribun, menjelaskan, trayek tersebut dioperasikan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dengan armada KM Melinda 1 Trayek Tol Laut Tanjung Perak hingga Sebatik itu masuk dalam Trayek 3 atau T-3.

Penyelenggaraan angkutan barang Tol Laut dilandasi Keputusan Dirjen Perhubungan Laut Nomor AL.108/5/17/DJPL-17 tanggal 20 Desember 2017 tentang Jaringan Trayek Penyelenggaraan Angkutan Barang di Laut Tahun Anggaran 2018.

Dalam keputusan itu diatur pula peran masing-masing institusi. Secara fungsional Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut melakukan pembinaan angkutan laut, termasuk penyelenggaraan angkutan barang di laut agar terpadu dengan sub sistem angkutan laut dalam negeri serta moda transportasi lainnya.

“Untuk Kepala Dinas Perhubungan Provinsi, Kabupaten/Kota di pelabuhan pangkalan, diharapkan dapat melakukan koordinasi untuk kelancaran pelaksanaan penyelenggaraan angkutan barang di laut,” katanya, Rabu (13/6/2018).

Jangkauan Tol Laut sampai Kalimantan Utara diharapkan mengurangi biaya logistik.

Apalagi kata Irianto, jika rencananya dukungan Kementerian Perhubungan untuk membuka rute pelayaran perintis dengan kapal Pelni yang berbasis di Pelabuhan Malundung, Kota Tarakan dengan rute Tarakan-Toli Toli-Leok-Paleleh-Kwandang terealisasi.

"Kita optimistis Tol Laut akan jadi mesin penggerak pertumbuhan ekonomi di perbatasan," katanya. (Wil)

Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved