Gempa Tektonik Guncang Kabupaten Alor

Dampak gempabumi yang ditimbulkan menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di Kalabahi dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI)

Gempa Tektonik Guncang Kabupaten Alor
Thekidswindow
Ilustrasi gempa tektonik 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

TRIBUNNEWS.COM, KUPANG- Gempa tektonik berskala magnitude 2 mengguncang Kabupaten Alor pada, Senin (27/8/2018) sekira pukul 10:15:30 Wita.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Stasiun Geofisika Kabupaten Alor, Sumawan, ST,MM dalam releasenya yang diterima Pos Kupang, Senin (27/8/2018) siang.

Sumawan mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=2 terjadi dengan koordinat episenter pada 8,22 LS dan 124,55 BT.

"Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 4 km arah timur Kota Kalabahi, Kabupaten Alor, Propinsi Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 10 km," ungkap Sumawan.

Baca: Hari Pertama Sekolah, Siswa Korban Gempa Belajar di Tenda

Sumawan menambahkan, dampak gempabumi yang ditimbulkan menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di Kalabahi dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI).

"Guncangan gempabumi ini belum menimbulkan kerusakan," jelas Sumawan.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, jelas Sumawan, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Hingga pukul 11:00 Wita, ungkap Sumawan, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

" Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Alor dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya," ungkapnya.

Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved