Breaking News:

BMKG Prediksi Gelombang Laut di Selat Makassar Capai 4 Meter Pekan Ini

Peringatan dini dikeluarkan BMKG dengan nomor ME.301/PD/29/APM/IX/BMKG - 2018 yang mulai berlaku sejak 29 September sampai 2 Oktober 2018 mendatang

Tribun Jateng
Ilustrasi Gelombang laut 

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini agat waspada dengan ketinggian gelombang yang bisa mencapai 4 meter.

Peringatan dini dikeluarkan BMKG dengan nomor ME.301/PD/29/APM/IX/BMKG - 2018 yang mulai berlaku sejak 29 September sampai 2 Oktober 2018 mendatang.

Berdasarkan rilis BMKG pusat menyatakan ketinggian gelombang laut ini berpeluang terjadi di beberapa perairan dan selat daerah di Indonesia, tak terkecuali Selat Makassar, dan perairan Barat Sulsel.

Untuk Selat Makassar, ketinggian gelombang mencapai 1,25 sampai 2,5 meter. Sedangkan ketinggian sampai 4 meter berpotensi terjadi di luar Sulsel, seperti Perairan Banda Aceh, Selat Bali dan beberapa daerah lainya.

"Benar BMKG telah mengeluarkan peringatan dini soal gelombang permukaan laut akibat kecepatan angin, tapi saya sampaikan ini bukan karena lempeng tektonik maupun vulkanik," ujar Siswanto, Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa Balai Besar M&G Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wil. IV - Makassar

Ketinggian gelombang ini terjadi karena adanya siklon tropis Trami yang berada di timur Filipina dengan pusat tekanan 950 hPa dan kecepatan maksimum 85 kt.

Pola timuran disebut mencapai 37 km/jam yang persisten di Perairan Enggano hingga barat Lampung. Lalu perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat.

"Gerakan permukaan air laut ini menyebabkan gelombang yang bervariasi yang hanya sampai di pantai. Berbeda jika adanya pergeseran lempeng atau bisa membentuk tsunami," tuturnya.

Kendati demikian ketinggian gelombang ini diharapkan khususnya bagi pengguna jasa laut tetap berhati hati dan memperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan dalam berlayar.

Seperti perahu nelayan beresiko jika kecepatan angin mencapai lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang 1,25 meter. Kapal tongkang berbahaya berlayar pada kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.

Kapal Ferry beresiko jika ketinggian gelombang capai di atas 2,5 meter dan kecepatan angin 21 knot. Kapal kargo pada kecepatan angin 27 knot sdengan ketinggian gelombang sekitar 4,0 m.

Penulis: Hasan Basri

Berita ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul: Pekan Ini, BMKG Prediksi Gelombang Laut di Selat Makassar Capai 4 Meter

Sumber: Tribun Timur
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved