Menciptakan Baterai jenis C Menggunakan Tomat Busuk

Ide menjadikan tomat busuk sebagai bahan baku baterei tersebut bermula dari rasa keprihatinannya melihat banyak tomat busuk di tingkat petani

Menciptakan Baterai jenis C Menggunakan Tomat Busuk
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Muhammad Abidin dan Fitri Isni Apriliany saat menunjukan baterai dari bahan baku tomat busuk di Kampus Unjani, Selasa (30/4/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Hilman Kamaludin

TRIBUNNEWS.COM, CIMAHI  - Dua mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani ( Unjani) Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Informatika, Muhammad Abidin dan Fitri Isni Apriliany  berhasil memanfatkan tomat busuk yang dikumpulkan dari petani untuk  menciptakan baterai jenis C yang diberinama Baterai Tomat ( Bamat).

Batarai yang bisa digunakan untuk jam dinding untuk yang ukuran kecil sedangkan baterai ukuran besar bisa digunakan untuk senter.

Abidin menceritakan untuk membuat Bamat, mereka berdua juga memanfaatkan baterai bekas.

Kemudian isi didalamnya dibongkar menggunakan peralatan obeng minus dan pisau.

Lalu limbah B3 yang terkandung didalam baterai bekas tersebut digabung dengan jus tomat busuk dan dimasukkan lagi ke dalam baterei bekas tersebut, kemudian setelah tercampur, baterai itu di lem.

"Limbah B3 itu digabung dengan tomat busuk yang sudah diproses menjadi jus dan diukur tingkat keasamannya hingga pH stabil. Perbandingannya 50 gram per 50 mili," ujarnya saat ditemui di Kampus Unjani, Selasa (30/4/2019).

Hasilnya kata dia, baterai berbahan baku tomat busuk jenis C tersebut memiliki tegangan 1,025 Volt hingga 1,6 Volt, sedangkan tegangan standar baterai pada umumnya sekitar 1.5 volt.

Baca: Lulus Sekdin 2019 Ternyata Tak Otomatis CPNS, Ada Tahapan dan Masih Bisa Gagal, Ini Penjelasannya

"Kita sudah melakukan percobaan Bamat ini digunakan untuk menggerakan dinamo, tegangannya bisa mencapai 1.6 volt tapi belum stabil masih naik turun," katanya.

Abidin mengatakan, ide menjadikan tomat busuk sebagai bahan baku baterei tersebut bermula dari rasa keprihatinannya melihat banyak tomat busuk di tingkat petani yang sudah terbuang karena dari total produksi tomat sebanyak 91.6000 ton per tahun, 80 persen diantaranya menjadi tomat busuk.

Baca: Mantan Tentara yang Culik 6 Bocah Diringkus, Foto dan Video Penangkapannya Viral di FB

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved