Gugatan Cisumdawu, Pemerintah Kalah, Harus Bayar Rp 194 Miliar ke 37 Warga Kabupaten Bandung

Putusan dengan nomor perkara 108/Pdt.G/2019/Pn Blb itu dibacakan pada 4 Juli di Pengadilan Negeri Bale Bandung. Sidang digelar sejak 22 Mei.

Gugatan Cisumdawu, Pemerintah Kalah, Harus Bayar Rp 194 Miliar ke 37 Warga Kabupaten Bandung
hilman kamaludin/tribun jabar
Pembangunan jalan tol Cisumdawu di Desa Cilengser, Kecamatan Rancakalong, Sumedang, Jawa Barat yang masuk sesi Tanjung Sari - Rancakalong. 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG -- Majelis hakim Pengadilan Negeri Bandung memenangkan gugatan 37 warga Desa Cileunyi Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung.

Mereka keberatan dengan ganti rugi yang ditetapkan Kantos Jasa Penilai Publik (KJPP).

Dalam gugatan keberatan ganti rugi, ke-37 warga itu mengajukan ganti rugi dengan total ‎Rp 194.262,515.615 (Rp 194,262) miliar. Sedangkan dalam amar putusannya, majelis hakim mengabulkan seluruh gugatan dari ke-37 warga.

"Mengabulkan keberatan para pemohon untuk seluruhnya, menetapkan ganti kerugian para pemohon keberatan (sesuai dengan gugatan 37 pemohon)‎. Menghukum termohon keberatan untuk melaksanakan pemberian ganti kerugian sesuai tuntutan para pemohon keberatan," ujar majelis hakim.

Putusan dengan nomor perkara 108/Pdt.G/2019/Pn Blb itu dibacakan pada 4 Juli di Pengadilan Negeri Bale Bandung. Sidang digelar sejak 22 Mei.

Baca: Yulius Ditemukan Gantung Diri Usai Mengantar Adiknya Bekerja dan Sekolah

Baca: Diboyong Real Madrid, Simak Jejak Karier Luka Jovic, Pemain Muda yang Dijuluki Wonderkid

Baca: Tingkatkan Produktivitas Pertanian Rawa Dengan Membenahi Tata Air

Alhasil, mereka pun mendadak jadi milyarder. Dalam gugatannya, ke-37 pemohon menggugat Kementerian PUPR dan kantor Pertanahan Kabupaten Bandung yang juga Ketua Pelaksana Pengadaan Tanah.

Dalam memutus perkara itu, pertimbangan haki‎m mengakomodir dalil-dalil yang disampaikan para penggugat.

Salah satu diantaranya menyebutkan, proses penilaian dan ganti rugi lahan milik ke-37 warga dinilai tidak sesuai dengan Undang-undang PengadaanTanah Untuk Kepentingan Umum dan Perpres Pengadaan Tanah

Kuasa hukum ke-37 warga, Kuswara S Taryono membenarkan gugatannya sudah diputus oleh majelis hakim dan memenangkan ke-37 warga.

Ke-37 warga sudah mendapatkan berapa nilai ganti rugi yang akan didapatkan. Namun, kata dia, nilainya tidak layak.

Halaman
1234
Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved