Gunung Arjuno Terbakar, Sejumlah Pendaki Dievakuasi

Pos perijinan pendakian Gunung Arjuno - Welirang di Desa Sumber Brantas, mencatat ada 64 orang yang melakukan pendakian ke Gunung Arjuno.

Gunung Arjuno Terbakar, Sejumlah Pendaki Dievakuasi
Surya/Galih Lintartika
Kedatangan para pendaki selamat yang berhasil dievakuasi tim Basarnas tiba di Pos Izin Pendakian. SURYA/GALIH LINTARTIKA 

TRIBUNNEWS.COM, KOTA BATU - Pos perijinan pendakian Gunung Arjuno - Welirang di Desa Sumber Brantas, mencatat ada 64 orang yang melakukan pendakian ke Gunung Arjuno.

Dari jumlah tersebut, 17 pendaki di antaranya dievakuasi sedangkan 47 sisanya masih dalam proses.

Adapun evakuasi ini dilakukan lantaran terjadi kebakaran hutan di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo atau lereng Gunung Arjuno pada Minggu (28/7/2019).

Hutan yang terbakar masuk wilayah Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

"Jumlah pendaki yang sudah berhasil dievakuasi turun dan kembali ke rumah masing-masing sebanyak 17 orang dan 47 orang pendaki masih dalam proses evakuasi tim," jelasnya.

Terakait hal itu, Kasi Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim mengatakan, titik api terdeteksi sejak pukul 9.30 WIB.

"Dari laporan pemangku wilayah Taman Hutan Raya (Tahura) bahwa terjadi kebakaran hutan dan lahan di Gunung Arjuno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Tim gabungan dari BPBD dan Tahura serta relawan sudah berangkat menuju titik api.

"Saat ini tim 1 dari Jaguar Sumber Gondo 12 orang dan tim 2 dari Tahura serta porter Sumber Brantas 5 orang menuju titik api untuk melakukan penanganan kebakaran," ungkapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hutan di Gunung Arjuno Terbakar, Pendaki Dievakuasi"

Editor: Sugiyarto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved