Erupsi Gunung Tangkuban Parahu

Belum Bebas Debu, Gunung Tangkuban Parahu Batal Dibuka Hari Ini

Gunung Tangkuban Parahu hingga saat ini belum dibuka untuk umum karena sebagian area tempat wisata tersebut masih dilakukan pembersihan.

Belum Bebas Debu, Gunung Tangkuban Parahu Batal Dibuka Hari Ini
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Petugas saat membersihkan area Gunung Tangkubanparahu, Senin (29/7/2019). Tribunjabar/Hilman Kamaludin 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNNEWS.COM, LEMBANG - Gunung Tangkuban Parahu hingga saat ini belum dibuka untuk umum karena sebagian area tempat wisata tersebut masih dilakukan pembersihan oleh petugas gabungan, Senin (29/7/2019).

Rencananya pihak pengelola yakni PT Graha Rani Putra Persada (GRPP) akan membuka tempat wisata tersebut mulai hari ini.

Tetapi sebagian area Gunung Tangkuban Parahu hingga saat ini belum selesai untuk dilakukan pembersihan.

Baca: Gibran: Entar Aja Kalau KPU Sudah Buka, Nanti Teman-teman Kabari Saya

Direktur PT Graha Rani Putra Persada (GRPP), Putra Kaban mengatakan, untuk memastikan dibukanya tempat wisata tersebut, pihaknya akan melakukan rapat terlebih dahulu dengan manajeman nanti sore.

"Saya kemarin bilang Senin akan dibuka, tapi karena sampai pukul 00.30 pembersihan area dari (abu vulkanik) belum selesai, saya putuskan untuk dirapatkan dulu," ujarnya saat ditemui di Gunung Tangkuban Parahu.

Gunung Tangkuban Parahu, Sabtu (27/7/2019). Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari
Gunung Tangkuban Parahu, Sabtu (27/7/2019). Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari (Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari)

Dalam pembersihan hingga tadi malam, pihaknya melibatkan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung Barat, namun karena mereka kelelahan pihaknya tidak bisa memaksakan untuk menyelesaikan pembersihan tersebut.

"Ini berbicara masalah kemanusiaan tidak boleh egois dan tidak boleh memaksakan. Makanya sekarang pembersihan baru bisa dilanjutkan," katanya.

Ia mengatakan, saat ini progres pembersihan sudah mencapai sekitar 80 persen dan sudah menghabiskan 40 tangki air dari mobil Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung Barat.

"Semalam untuk pembersihan mekibatkan tiga unit mobil Damkar. Kami ingin area ini semuanya benar-benar bersih," ucapnya.

Seorang juru foto mengabadikan dagangan yang ditinggal pemiliknya dalam keadaan sudah ditutupi debu vulkanik di area lapak pedagang Gunung Tangkuban Parahu, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (27/7/2019). Tribun Jabar/Zelphi
Seorang juru foto mengabadikan dagangan yang ditinggal pemiliknya dalam keadaan sudah ditutupi debu vulkanik di area lapak pedagang Gunung Tangkuban Parahu, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (27/7/2019). Tribun Jabar/Zelphi (Tribun Jabar/Zelphi)
Halaman
123
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved