Klarifikasi Operator Trans Patrio Soal Bus Hibah Kemenhub yang Belum Juga Beroperasi

Trans Patriot membantah jika bus hibah dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dibiarkan terbengkalai.

Klarifikasi Operator Trans Patrio Soal Bus Hibah Kemenhub yang Belum Juga Beroperasi
Tribun Jakarta
Puluhan bus hibah dari Kemenhub untuk Kota Bekasi di kantor PDAM Titra Patriot, Jalan Perjuangan Bekasi Utara. Kondisinya berdebu dan tidak terawat karena 7 bulan dibiarkan mangkrak. Kamis (8/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI UTARA - Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) selaku operator angkutan angkutan umum Trans Patriot membantah jika bus hibah dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dibiarkan terbengkalai.

Juru Bicara PDMP Iqbal Daut mengatakan, puluhan bus itu memang sejauh ini belum dapat dioperasikan lantaran harus menunggu beberapa proses perizinan. Adapun jumlah bus yang dihibahkan dari Kemenhub ke Pemerintah Kota Bekasi sebanyak 21 unit terdiri dari 20 unit rapid transit atau bus angkutan umum dan 1 bus sekolah.

"Itu semua kita rawat agar saat operasional, tidak bermasalah," kata Iqbal saat dikonfimasi, Kamis (8/8/2019).

Baca: 21 Bus Hibah Kemenhub untuk Bekasi Belum Beroperasi, Berkarat dan Tak Terawat

Iqbal menjelaskan, sebelum ditempatkan di halaman kantor PDAM Titra Patriot di Jalan Raya Perjuangan, Bekasi Utara, puluhan bus itu sempat dititipkan juga di beberapa tempat seperti di Stadion Patriot Candrabhaga dan Asrama Haji.

Namun ketika ditanya kondisi bus nampak tidak terawat dan berdebu, Iqbal menilai hal ini karena lokasi penyimpanan bus di halaman kantor PDAM tidak beraspal dan mudah menimbulkan debu.

"Cek oli, aki, ketika memang akinya tidak layak lagi kita ganti kalau masih layak, kita perbaiki, kemudian kendaraan dibersihkan, kalo ada isu seolah-olah kendaraan itu tidak terawat bagaimana disana kerena di PDAM tentunya dekat persimpangan dan mudah berbedu," jelas dia.

Iqbal menuturkan, sejauh ini pihaknya terus melakukan pengurusan surat-surat kendaraan pada puluhan bus hibah dari Kemenhub tersebut. Rencananya, akhir Agustus ini bus tersebut segera beroperasi dan dapat melayani rute baru Trans Patriot.

"Insyallah paling lambat ya sebelum akhir Agustus sudah bisa operasional, Trans Patriot sejauh ini baru 9 unit bus ditambah bus hibah 20 unit bus menjadi 29 armada yang kita punya," jelas dia.

Sebanyak 21 bus hibah dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk Kota Bekasi selama kurang lebih tujuh bulan belum juga dioperasikan. Kondisinya saat ini dibiarkan hingga berdebu seperti nampak tidak terurus.

Halaman
12
Editor: Sanusi
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved