Terowongan Curug Jompong Nanjung yang Disebut Solusi Atasi Banjir Sudah Tembus

Suwarno, menuturkan bahwa kedua terowongan sepanjang 460 meter tersebut sudah tembus.

Terowongan Curug Jompong Nanjung yang Disebut Solusi Atasi Banjir Sudah Tembus
TRIBUN JABAR/MUMU MUJAHIDIN
Curug Jompong di RT 1/1 Kampung Koreh Kotok, Desa Pataruman, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (22/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNNEWS.COM, SOREANG - Proses pembangunan dua terowongan air (terowongan) di Curug Jompong Nanjung, Desa Lagadar, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, ditargetkan selesai di bulan November mendatang.

Sejauh ini pembangunan dua terowongan ini sudah mencapai 50 persen.

Kepala Bidang Perencanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Jabar, Suwarno, menuturkan bahwa kedua terowongan sepanjang 460 meter tersebut sudah tembus.

"Sekarang lagi me-lining atau melapisi terowongan dengan konstruksi beton. Kami juga sedang mengerjakan outletnya, sediment-rep sepanjang 100 meter, dan masih banyak lagi," ujarnya melalui telepon seluler, Rabu (28/08/2019).

Suwarno juga menambahkan pintu untuk dua terowongan tersebut juga sedang dalam tahap konstruksi di pabriknya. Hingga nanti tinggal memasang jika sudah diselesaikan.

"Kami November schadulenya itu selesai (pembangunanya). Mudah-mudahan tahun ini kami bisa mengerjakan dan berusaha menyelesaikan pekerjaan ini. Kalau sudah selesai kita langsung operasikan," tuturnya.

Suwarno menjelaskan, nantinya dua terowongan ini akan dioperasikan jika terjadi banjir besar di wilayah Cekungan Bandung (Baleendah, Dayeuhkolot, dan Bojongsoang).

Sementara jika tidak terjadi banjir, maka dua terowongan tersebut tidak akan dioperasikan, air akan dialirkan melalui aliran biasa melewati Curug Jompong.

"Jadi gini, terowongan ini akan beroperasi optimum atau akan kita operasikan kalau debitnya di atas 100 meter kibik. Baru pintunya akan kami buka, tapi kalau belum (mencapai 100 meter kibik), masih memakai alur yang lama," katanya.

Halaman
12
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved