PGN Segera Bangun Jaringan Pipa Gas di Kota Yogyakarta

Pemerintah Kota Yogyakarta menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terkait penyediaan infrastruktur

PGN Segera Bangun Jaringan Pipa Gas di Kota Yogyakarta
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Wali Kota Yogyakarta bersama Dirut PGN seusai menandatangani perjanjian kerjasama, di ruang kerja Walikota, Senin (2/9/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota Yogyakarta menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terkait penyediaan infrastruktur dan pemanfaatan gas bumi di Kota Yogya, di ruang kerja Wali Kota Yogyakarta, Senin (2/9/2019).

Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso menjelaskan bahwa tujuan MoU adalah melakukan pilot project pembangunan infrastruktur gas di Yogya yang selaras dengan semangat Kota Yogya menjadi green city.

"Kami akan melakukan penyaluran gas bumi ke masyarakat. Ada area yang dikembangkan khususnya penyediaan gas industri menengah ke bawah dan sektor rumah tangga yang saat ini menggunakan kompor," ujarnya saat ditemui Tribunjogja.com seusai melakukan penandatanganan.

Ia menambahkan bahwa PGN telah menerapkan hal tersebut di beberapa lokasi di Indonesia.

Pihaknya juga akan mengenalkan gas tersebut ke sektor komersil misalkan hotel, resto, dan produsen makanan.

"Saat ini produsen makanan yang sudah jadi pelanggan kami adalah Bakpia Tugu. Mereka menggunakan Compress Natural Gas atau CNG yang merupakan produk kami," bebernya.

Gigih mengatakan CNG aman dan memiliki biaya yang lebih murah dibanding gas yang digunakan warga saat ini.

Hanya saja untuk bisa memanfaatkannya, memerlykan pembangunan jaringan gas dalam pipa.

"Kami mendukung penuh Pemkot melalui Walikota untuk melakukan investasi pipa yang akan kita bangun dalam jaringan gas. Kita juga terbuka untuk kerjasama dengan perusahaan yang ditunjuk Pemkot," ujarnya.

Dalam waktu dekat, Gigih mengatakan pihaknya akan merancang time table dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan setelah penandatanganan kerjasama tersebut.

Gigih menjelaskan, setidaknya diperlukan waktu tiga bulan untuk kajian sebelum memasang infrastruktur yang dibutuhkan.

"Dibutuhkan pula regulasi yang mengatur penggunaan gas sektor industri dan rumah tangga," bebernya.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Jaringan Pipa Gas Segera Dibangun di Kota Yogyakarta, https://jogja.tribunnews.com/2019/09/02/jaringan-pipa-gas-segera-dibangun-di-kota-yogyakarta.

Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved