2020, Ke Bandara Kertajati Bisa Lewat Tol Cisumdawu

Danang Parikesit memastikan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 60,84 kilometer, dapat beroperasi pada 2020 mendatang

2020, Ke Bandara Kertajati Bisa Lewat Tol Cisumdawu
Dokumen Kementerian PUPR
Jalan Tol Cisumdawu (Dok. Kementerian PUPR) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT) kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit memastikan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 60,84 kilometer, dapat beroperasi pada 2020 mendatang.

Dengan demikian, masyarakat Jawa Barat, terutama yang berdomisili di Bandung, Sumedang, Subang, dan sekitarnya dapat memanfaatkan jalan bebas hambatan ini menuju Bandara International Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka.

Sejumlah penumpang baru tiba di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (8/7/2019). Pasca-pengalihan 12 penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati, suasana di Bandara Husein Sastranegara menjadi sepi. Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Sejumlah penumpang baru tiba di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (8/7/2019). Pasca-pengalihan 12 penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati, suasana di Bandara Husein Sastranegara menjadi sepi. Tribun Jabar/Gani Kurniawan (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

"Kami optimistis Tol Cisumdawu beroperasi tahun depan," kata Danang menjawab Kompas.com, di Bandung, Rabu (4/9/2019) malam.

Optimisme Danang terkait dengan hampir rampungnya pekerjaan Seksi I dan II sepanjang 27,62 kilometer yang merupakan porsi pemerintah.

Rinciannya, untuk pekerjaan konstruksi telah mencapai 66,01 persen, dan pembebasan lahan sekitar 86,61 persen.

Baca:  Contoh Soal CPNS 2019 dan P3K/PPPK Ramai Beredar Jelang Pendaftaran Dibuka, Begini Tanggapan BKN

Baca: Rekap Chinese Taipei Open 2019 - Indonesia Kirim 9 Wakil ke Perempat Final

Sementara Seksi III hingga VI sepanjang 33,22 kilometer yang merupakan porsi PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) masih terus dipacu pekerjaannya.

Merujuk data monitoring jalan tol non-Trans Jawa BPJT, perkembangan pembebasan lahan empat seksi terakhir mencapai 15,15 persen, sementara konstruksinya 9,3 persen.

Danang menuturkan, ada dua hal yang mendapat perhatian dalam pembangunan tol yang juga dirancang untuk mendukung pengembangan kawasan segitiga Cirebon, Subang, dan Majalengka (Rebana) ini.

Pertama, memberikan tenggat kepada kontraktor dan investor asal China yang mengerjakan Seksi I dan II.

Sebagai informasi, pengerjaan Tol Cisumdawu memang melibatkan tiga kontraktor asal Negeri Tirai Bambu.

Halaman
123
Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved