Wiranto Minta Maaf kepada Rakyat Maluku

Wiranto menyampaikan permintaan maaf secara terbuka kepada masyarakat Maluku yang pada tanggal 26 September 2019 lalu diguncang gempa

Wiranto Minta Maaf kepada Rakyat Maluku
Tribunnews.com/Rizal Bomantama
Menkopolhukam Wiranto dan tokoh Maluku Letjen (Purn) Suaidi Marasabessy dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat (4/10/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menkopolhukam Wiranto menyampaikan permintaan maaf secara terbuka kepada masyarakat Maluku yang pada tanggal 26 September 2019 lalu diguncang gempa bumi bermagnitudo 6,5.

Hal itu disampaikan Wiranto dalam konferensi pers usai bertemu dengan sejumlah tokoh Maluku di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat (4/10/2019).

Baca: Kata Kemenkominfo soal Perlunya Penertiban Terhadap Aktivitas Buzzer

Sebelumnya, Wiranto menjelaskan bahwa jumlah pengungsi gempa bumi Maluku membeludak karena adanya isu tsunami dan gempa susulan yang lebih besar.

Padahal menurutnya tak ada lembaga negara yang menyampaikan hal tersebut secara resmi.

Oleh karena itu Wiranto meminta pengungsi yang masih memiliki rumah untuk kembali ke kediaman masing-masing agar tidak menjadi beban pemerintah daerah.

Ia menegaskan imbauan itu disampaikan untuk kebaikan pengungsi itu sendiri karena kalau masih di pengungsian maka akses kesehatan dan pendidikan akan lebih sulit.

Akan tetapi pernyataan Wiranto itu ditanggapi sejumlah pihak sebagai pernyataan yang menyinggung masyarakat Maluku.

“Penjelasan saya itu mendapat tanggapan ramai, apabila ada ucapan saya yang dirasa mengganggu perasaan masyarakat Maluku atau dianggap menyakiti hati, pasti tidak saya sengaja. Kalau ada yang tersinggung saya mohon dimaafkan,” ungkap Wiranto.

Lebih lanjut, Wiranto meminta pemerintah daerah setempat untuk melakukan sosialisasi kepada pengungsi agar mulai kembali ke rumah masing-masing.

Halaman
12
Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved