Kawanan Pencuri dan Penjambret Dibekuk, Curi Handphone Hingga Senapan Angin

Dalam aksinya para terduga pelaku menggunakan senjata tajam (sajam) jenis pisau badik, dari atas motor merampas Hp di tangan korban lalu kabur

Kawanan Pencuri dan Penjambret Dibekuk, Curi Handphone Hingga Senapan Angin
Humas BNN
Ilustrasi Borgol 

Laporan Wartawan Tribun Manado Christian Wayongkere

TRIBUNNEWS.COM, MANADO -  Tindak pidana pencurian dengan kekerasan terjadi di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Minggu (8/9/2019) dan Senin (23/9/2019) di enam lokasi sejumlah kelurahan di Kota Bitung.

Informasi yang dirangkum Tribunmanado.co.id, pelaku menggasak sejumlah handphone, senapan angin, TV 43 Inch hingga 13 tabung gas Elpiji 3 Kilogram (Kg).

Tiga orang di antaranya berhasil ditangkap oleh Tim Resmob Gabungan Polsek dipimpin Ipda Tuegeh Darus.

“Untuk barang curian satu unit senjata tajam digasak terduga pelaku di Kelurahan Paceda Lingkungan IV jalan 46 atau jalan SH Sarundajang, Kecamatan Madidir Bitung, beserta satu unit Hp,” kata Kasubag Humas Polres Bitung Iptu Jeldy Pasulatan, Senin (7/10/2019).

Tiga pria terduga tersangka yang ditangkap oleh polisi masih usia beliau belasan tahun, yakni IAN alias Mail (20), S alias Aldy (16) dan FFU alias Farhan (14), mereka ditangkap di jalan raya Kelurahan Bitung Timur, kompleks PA, Sabtu (5/10/2019) dan Minggu (6/10/2019).

Dalam aksinya para terduga pelaku menggunakan senjata tajam (sajam) jenis pisau badik, dari atas motor merampas Hp di tangan korban kemudian melarikan diri.

Untuk aksinya di rumah warga, para terduga melakukan pemantauan dulu atas rumah dan sasaran yang akan dicuri.

Merasa target aman dan pemilik rumah sudah tertidur pulas, para terduga pelaku mencungkel jendela rumah korban lalu menggasak barang-barag seperti Hp, TV, senapan angin hingga belasan tabung gas.

“Satu di antara tiga terduga pelaku yang berhasil ditangkap, satu di antaranya diberikan tindakan tegas terukur alias ditembak di pergelangan kaki sebelah kiri. Karena coba melawan dan mau kabur,” jelasnya.

Terduga pelaku dan barang bukti curian kini sudah diamankan ke Polsek Matuari kemudian diserahkan ke Sat Reskrim Polres Bitung untuk di proses lanjut sesuai dengan hukum yang berlaku, yakni pasal 365 KUHP subsider pasal 363 KUHP lebih subsider pasal 362 Jo pasal 55 KUHP.

“Selain ketiga terduga pelaku yang sudah diamankan, tim gabungan resmob masih melakukan pengejaran terhadap delapan orang terduga pelaku lainnya. Akibat dari peristiwa pencurian ini korban mengalami kerugian Rp 25 juta,” kata dia. (crz)

Artikel ini telah tayang di tribunmanado.co.id dengan judul Kawanan Pencuri dan Penjambret Dibekuk, Satu di Antaranya Ditembak karena Coba Kabur dan Melawan

Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved