Calo CPNS Dilaporkan Ada di Kediri dan Tulungagung, BKD Ancam Pecat PNS yang Main-main

Kepala BKD Jawa Timur Anom Surahno, mengatakan, masih ada laporan temuan calo-calo yang memberikan iming-iming jaminan lolos mudah CPNS 2019

Calo CPNS Dilaporkan Ada di Kediri dan Tulungagung, BKD Ancam Pecat PNS yang Main-main
SERAMBINEWS.COM/Putri
ilustrasi lowongan cpns 2019 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur Anom Surahno, mengatakan, masih ada laporan temuan calo-calo yang memberikan iming-iming jaminan bisa lolos CPNS 2019.

Menurut Anom Surahno, laporan adanya calo diterima BKD Jatim terjadi di Kabupaten dan Kota Kediri serta di Kabupaten Tulungagung.

"Modusnya baru, jadi dibantu didampingi daftar, bayarnya nanti kalau sudah diterima. Ini kan jelas bohong,"kata Anom Surahno saat ditemui Surya pada Kamis (14/11/2019).

"Karena kita jelas pakai sistem yang serba digital. Jadi kalau peserta diterima ya hasil dari kerja keras sendiri, bukan dari calo itu," tegas Anom Surahno.

Anom Surahno meminta agar masyarakat yang berminat untuk mengikuti seleksi CPNS untuk tidak mudah tergiur dengan iming-iming lolos CPNS dengan jalur pintas.

Sebab sudah dipastikan iming-iming seperti itu adalah modus penipuan.

"Kalau daftar itu ada swa fotonya. Jadi tidak butuh calo, dan tidak bisa lagi ada joki," tegas Anom Surahno.

Melihat pengalaman CPNS tahun lalu, di Jawa Timur ada 12 orang tertipu dengan modus kenal dengan pejabat di lingkungan Pemprov Jawa Timur.

Mereka para calo bahkan menggunakan kop surat yang dipalsukan. Mereka bahkan sudah dapat seragam padahal belum latsar CPNS.

"Laporan seperti itu tahun lalu terjadi. Maka kita imbau masyarakat untuk tidak percaya dengan modus seperti itu," tegasnya.

Halaman 2 >>>>>>

Editor: Januar Adi Sagita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved