HD Ingin APPSI Dorong Peningkatan Kontribusi Pusat ke Daerah

Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H. Herman Deru menghadiri Musyawarah Nasional dan Pemilihan Ketua Umum APPSI

HD Ingin APPSI Dorong Peningkatan Kontribusi Pusat ke Daerah
Pemprov Sumsel
Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H. Herman Deru, Pemilihan Ketua Umum APPSI, di Hotel Borobudur, Selasa (26/11). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H. Herman Deru menghadiri Musyawarah Nasional dan Pemilihan Ketua Umum APPSI, di Hotel Borobudur, Selasa (26/11).

Pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Assosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) dilakukan (25/11) malam tadi dan dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia H. Ma'ruf Amin.

Dalam sambutannya Ma'ruf meminta para Gubernur yang hadir untuk mendukung pemerintah pusat untuk dijalankan dimasing- masing Provinsi.

Baca: Pembukaan 55th QubicaAMF Bowling World Cup 2019 Berlangsung di Jakabaring

"Saya meminta kepada para gubernur gubernur selaku kepala daerah bersama-sama menjalankan 5 prioritas tersebut dan memastikan 5 prioritas dipahami dan didukung jajaran pemda dan masyarakat di wilayah masing-masing," ujarnya

Dikarenakan Munas APPSI ini merupakan salah satu bentuk penyaluran permasalahan yang ada di masing- masing Provinsi Gubernur Sumsel H.Herman Deru melalui Plt Kepala Bapedda Sumsel Dr.Ir Firmansyah sangat berharap pemerintah pusat dapat memberikan kontribusi terhadap aset- aset lingkungan yang berada di Provinsi Sumatera Selatan seperti ekspor kepala sawit dan karet.

Baca: Herman Deru Siap Jalankan Intruksi Jokowi Sederhanakan Regulasi

"Saya juga disini ingin sekali agar APPSI ini jadi wadah menyalurkan apa saja permasalahan di daerah. Termasuk salah satunya mendorong agar pemerintah pusat dapat menambah dana bagi hasil ke daerah sehingga menambah PAD di Sumsel untuk produk ekspor karet dan sawit. " ujarnya

Terkait dengan pemilihan Ketua Umum APPSi Herman Deru berharap agar ketua umum yang terpilih nantinya dapat mempresentasikan suara dari masing- masing Kepala Daerah sebagai wakil dari pemerintah Pusat.

"Harapan saya untuk ketua APPSI yang terpilih nantinya dapat mepresentasikan suara gubernur dalam kepentingan daerah serta menyuarakan dan memperkokoh tugas Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat dan berpengaruh untuk kemajuan masyarakat." Harapnya

Dalam sambutannya Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan bahwa dengan diadakannya Musyawarah Nasional ini dapat menjadi ladang untuk memberikan masukan dan ide- ide serta memberikan peranan Kepala Daerah untuk mendorong kemasyarakat.

Baca: Ratusan Goweser Dalam dan Luar Negeri Ramaikan Sriwijaya Ranau Gran Fondo 2019

"Dengan diadakannya Munas APPSI ini dengan tujuan dapat memberikan masukan serta ide-ide dari berbagai kepala daerah masing- masing provinsi karna masyarakat perlu peranan Gubernur untuk mendorongnya." tegasnya.

Penguatan Ketahanan Daerah Menghadapi Tantangan Global dan Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional sesuai dengan tema pada Munas APPSI tahun ini.

Para gubernur yang hadir antara lain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Plt Gubernur Kepulauan Riau Isdianto, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi serta Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran. (*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved