Tahun Baru 2020

UPT Kebersihan Kabupaten Bandung Barat Angkut 12 Ton Sampah Sisa Tahun Baru

Sebanyak 12 ton sampah sisa perayaan malam tahun baru diangkut Unit Pelayanan Teknis Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Bandung Barat.

UPT Kebersihan Kabupaten Bandung Barat Angkut 12 Ton Sampah Sisa Tahun Baru
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Bupati Bandung Barat, Aa Umbara dan petugas kebersihan saat mengangkut sampah sisa perayaan tahun baru. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNNEWS.COM, NGAMPRAH - Sebanyak 12 ton sampah sisa perayaan malam tahun baru diangkut Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Sampah tersebut merupakan sampah makanan dan plastik sisa dari warga serta wisatawan yang menghabiskan malam pergantian Tahun Baru lalu di wilayah Alun-alun Lembang dan Alun-alun Cililin.

Kepala UPT Kebersihan, Rudi Huntadi, mengatakan petugas kebersihan mulai turun ke dua lokasi itu pada Rabu (1/1/2020) sekitar pukul 04.30 WIB untuk mengangkut sampah dengan menurunkan petugas sebanyak 40 orang.

Baca: Liburan Tahun Baru 2020 di Bandung, Wajib Coba 3 Es Krim Unik di Kota Kembang

Baca: Jelajah Lagenda Park, Tempat Wisata Instagramable di Batam untuk Liburan Tahun Baru 2020

"Kemudian di-back up personel dari dinas 20 orang, berhasil mengumpulkan dan mengangkut sampah yang didominasi sampah basah sebanyak 12 ton," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (5/1/2020).

Bahkan untuk di Alun-alun Lembang, Bupati Aa Umbara Sutisna juga ikut turun bersama Kepala DLH membersihkan sampah yang berserakan, hingga tim bergerak dari alun-alun ke beberapa lokasi yang kerap jadi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara dan petugas kebersihan saat mengangkut sampah sisa perayaan tahun baru.
Bupati Bandung Barat, Aa Umbara dan petugas kebersihan saat mengangkut sampah sisa perayaan tahun baru. (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

"Memang usai malam pergantian tahun baru sampah banyak menumpuk di beberapa lokasi. Pusat perhatian kami adalah Alun-alun Lembang dan Cililin," katanya.

Ia mengatakan, dari Lembang, terkumpul sebanyak 8 ton sampah yang didominasi sampah plastik, kertas, botol mineral, dan sisa makanan.

Sedangkan dari Cililin, petugas mengangkut sebanyak 4 ton sampah dengan jenis sampah yang sama.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara, mengatakan sebanyak 12 ton sampah yang sudah berhasil diangkut itu memang kebanyakan sampah yang dihasilkan oleh wisatawan saat malam pergantian tahun.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved