DPR Sudah Mengirim Naskah Pemakzulan Presiden Donald Trump kepada Senat

DPR Amerika Serikat ( AS) sudah mengirim artikel pemakzulan Presiden Donald Trump kepada Senat pada Rabu (15/1/2020) waktu setempat.

DPR Sudah Mengirim Naskah Pemakzulan Presiden Donald Trump kepada Senat
Erin Schaff/The New York Times
Donald Trump 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON DC - DPR Amerika Serikat ( AS) sudah mengirim artikel pemakzulan Presiden Donald Trump kepada Senat pada Rabu (15/1/2020) waktu setempat.

Presiden berumur 73 tahun itu dimakzulkan pada Desember 2019 lalu atas tuduhan penyalahgunaan kekuasaan serta upaya menghalangi penyelidikan Kongres.

Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell mengumumkan bahwa artikel pemakzulan itu bakal dibacakan pada Kamis siang (16/1/2020) waktu AS.

Kemudian pada hari yang sama, 100 senator bakal menjalani pengambilan sumpah, dengan sidang secara resmi dimulai Selasa pekan depan (21/1/2020).

 

"Ini adalah saat sulit bagi negara. Namun inilah momen di mana para pendiri bangsa mendirikan Senat," jelas McConnell.

Politisi dari Partai Republik itu mengatakan, dia yakin Senat bakal melayani kepentingan konstitusi AS secara sepatutnya.

Dua artikel pemakzulan Trump itu dimasukkan dalam map biru, dan dibawa oleh tujuh politisi Demokrat yang ditunjuk menjadi manajer DPR AS.

Para manajer inilah yang nantinya bakal memperjuangkan tuduhan mereka di hadapan Senat pada pekan depan.

"Begitu sedih, begitu tragis bahwa tindakan yang dilakukan presiden kita telah membawa kami ke tempat ini," kata Ketua DPR, Nancy Pelosi.

Dia merujuk kepada upaya Trump untuk melecehkan keamanan nasional, melanggar sumpah jabatannya, dan menghancurkan keamanan pemilihan AS.

Halaman
12
Editor: Sugiyarto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved