Virus Corona

Warga Gunungkidul Diminta Tidak Resah Kembalinya WNI dari Tiongkok

Program karantina yang dilakukan pemerintah RI guna memastikan ratusan warganya yang kembali benar-benar steril dari virus tersebut

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) asal Wuhan, Hubei, China beraktivitas di depan Hanggar Pangkalan Udara Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/2/2020). Menurut data Kementerian Kesehatan bahwa 238 orang WNI yang menjalani proses observasi sebagai antisipasi tertular virus Corona bahwa kesehatannya dalam keadaan baik dan sehat, tidak ada satupun dari mereka yang menunjukkan gejala infeksi seperti demam, batuk dan pilek. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Reporter Tribun Jogja Alexander Ermando

TRIBUNNEWS.COM, GUNUNGKIDUL - Pemerintah RI memulangkan ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Tiongkok, sebagai bentuk antisipasi terkait penyebaran Virus Corona.

Mereka pun saat ini menjalani karantina di Kepulauan Natuna.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan kemungkinan ada warganya yang ikut dipulangkan pemerintah.

"Bisa jadi ada warga asal Gunungkidul yang diikutkan dalam program karantina di Natuna," kata Dewi di kantornya, Kamis (06/02/2020).

Mengenai kemungkinan tersebut, Dewi pun mengimbau warga di Gunungkidul tidak perlu resah dan takut jika ada warganya yang kembali ke kampung halaman usai menjalani karantina.

Seperti beberapa waktu lalu, seorang mahasiswa asal Gunungkidul yang menjalani studi di Tiongkok memilih kembali.

Baca: Tak Terpengaruh Virus Corona, Kuliner Kelelawar Laris Manis, Diyakini Sembuhkan Berbagai Penyakit

Baca: Strategi Polres Gunungkidul untuk Cegah Klitih, Patroli Setiap Hari hingga Pembinaan ke Sekolah

Baca: Disnakertrans Pastikan Tak Ada Warga Gunungkidul yang Jadi TKI di China

Sebab ia khawatir dengan penyebaran Virus Corona di sana.

"Warga yang kembali juga tidak perlu dikucilkan atau ditolak," ujar Dewi.

Dewi beralasan, program karantina yang dilakukan pemerintah RI guna memastikan ratusan warganya yang kembali benar-benar steril dari virus tersebut.

Mereka pun tidak akan dikembalikan langsung ke kampung halamannya hingga seluruh rangkaian program karantina berhasil dilewati.(TRIBUNJOGJA.COM)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul WNI Dari Tiongkok Kembali, Warga Gunungkidul Diminta Tidak Resah

Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved