Ridwan Kamil Jelaskan Beda PSBB di Jawa Barat dengan Jakarta: Saya Kira Kita Tidak 100 Persen Sama

Ridwan Kamil telah mengeluarkan rencana untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terhadap lima wilayah di Jabar.

KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui wartawan di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Jumat (16/11/2018). 

TRIBUNNEWS.COM - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil telah mengeluarkan rencana untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terhadap lima wilayah di Jabar.

Lima wilayah tersebut adalah Depok, Kota Bekasi, Kabuapten Bekasi, Kota Bogor, dan Kabupaten Bogor.

Dalam pelaksanaannya, Ridwan Kamil mengatakan PSBB yang diterapkannya akan berbeda dengan PSBB di Jakarta.

Sejumlah kendaraan melintas di Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (31/3/2020). Penurunan aktivitas kendaraan di jalan tol menurut Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya berkisar 15 hingga 29 persen akibat pembatasan sosial (social distancing) menyusul merebaknya wabah virus corona (Covid-19). Tribunnews/Jeprima
Sejumlah kendaraan melintas di Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (31/3/2020). Penurunan aktivitas kendaraan di jalan tol menurut Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya berkisar 15 hingga 29 persen akibat pembatasan sosial (social distancing) menyusul merebaknya wabah virus corona (Covid-19). Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

 

Dikutip dari YouTube metrotvnews, Rabu (8/4/2020), awalnya Ridwan Kamil menjelaskan bahwa Jabar telah memperhitungkan lima syarat yang menjadi syarat diberlakukannya PSBB.

Syarat-syarat tersebut yakni ketersediaan hidup dasar bagi rakyat, memiliki Sarana Prasarana Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Sarpras kesehatan) yang memadai, memiliki anggaran yang cukup untuk menerapkan status PSBB.

Keempat adalah siap dalam memberikan jaring pengaman sosial atau bantuan sosial bagi warga yang terdampak Virus Corona (Covid-19).

Lalu, syarat terakhir adalah jaminan keamanan selama PSBB diberlakukan.

"Intinya semua lima hal tersebut sudah kita argumentasikan melalui surat, (kepada Kemenkes)," jelas Ridwan Kamil.

"Kesiapan logistik, kesiapan kesehatan, kesiapan-kesiapan yang sifatnya juga pertahanan, keamanan, dan lain-lain, saya kira itu sudah kami simulasikan beberapa hari yang lalu," lanjutnya.

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan olehnya, diputuskan ada lima wilayah yang memenuhi kelima syarat tersebut.

>>> Halaman selanjutnya

Berita Populer
Editor: Atri Wahyu Mukti
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved