Breaking News:

Virus Corona

Risma Heran Banyak Pasien Covid-19 dari Luar Kota, Dirut RSUD dr Soetomo Ingatkan Etika Kedokteran

Banyaknya pasien Covid-19 yang dirawat di Surabaya membuat Risma keberatan karena warga Surabaya ada yang tidak mendapatkan perawatan.

Surya.co.id/Yusron Naufal Putra
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini saat ditemui di salah satu agendanya, Selasa (18/2/2020). 

TRIBUNNEWS.COM - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengungkapkan ada 50 persen lebih pasien Covid-19 yang berasal dari luar kota dan di rawat di Surabaya.

Menurutnya, kedatangan pasien dari luar kota ini bukan karena rujukan tapi pasien tersebut langsung datang ke UGD rumah sakit di Surabaya.

"Kalau hitungan saya, sampai 50 persen. Jadi pasien itu datangnya kadang ke UGD. Di RS Soewandhie itu datangnya ke UGD, di RS BDH itu datangnya ke UGD," ungkap Risma dilansir YouTube Kompas TV, Selasa (12/5/2020).

Ia mengaku keberatan karena khawatir keluarga pasien yang dari luar kota berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) dan dapat menyebarkan Covid-19 di Surabaya.

"Kadang gak berat, kita bebannya berat. Apa keluarganya tidak OTG. kalau OTG dia kemana-mana kita juga berat," ujarnya.

Risma heran karena warga Surabaya tidak mendapatkan tempat perawatan karena rumah sakit di Surabaya penuh dengan pasien rujukan dari luar kota.

"Masa di kota sendiri (Surabaya), kita enggak dapat tempat perawatan."

"Semuanya dirujuk ke Surabaya. Sementara, pasien asal Surabaya malah tidak dapat tempat," kata Risma saat menggelar pertemuan dengan perwakilan IDI Surabaya dan Persi Jatim di Halaman Balai Kota Surabaya, Senin (11/5/2020).

Baca: PSBB Jilid II Surabaya Raya Dimulai Hari Ini, Sanksi Lebih Tegas: KTP Disita 6 Bulan Hingga Dipidana

Politisi partai PDI-P ini merasa tidak adil jika pasien Covid-19 banyak di rujuk ke Surabaya padahal masih ada rumah sakit rujukan lain di Jawa Timur.

"Kenapa kok diterima terus dari luar. Padahal sudah ada rumah sakit rujukan di Jawa Timur yang sudah ditunjuk. Kan tidak fair kalau kemudian semua dibawa ke Surabaya," ungkapnya dikutip dari Kompas.com.

Halaman
123
Penulis: Faisal Mohay
Editor: Ayu Miftakhul Husna
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved