Gempa 5,5 SR di Kepulauan Selayar, Guncangannya Terasa Sampai ke Wilayah Denpasar

Guncangan gempa bumi dirasakan di daerah Denpasar II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Editor: Dewi Agustina
zoom-inlihat foto Gempa 5,5 SR di Kepulauan Selayar, Guncangannya Terasa Sampai ke Wilayah Denpasar
https://twitter.com/infoBMKG
Gempa bumi dengan kekuatan 5,5 SR mengguncang Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Rabu (15/07/2020). Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Gempa bumi dengan kekuatan 5,5 SR mengguncang Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Rabu (15/7/2020). Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam rilisnya menyebutkan episenter gempa bumi terletak pada titik koordinat 7,29 LS dan 120,43 BT di laut Flores.

"Tepatnya di laut pada jarak 130 km arah Selatan Kota Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan," ujar dia.

Gempa ini pada kedalaman 599 km. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=5,8.

Menurutnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam akibat adanya aktifitas subduksi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Denpasar II MMI.

Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca: Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Selayar Sulawesi Selatan Pagi Ini

Baca: Gempa Bumi M 5,2 Mengguncang Yogyakarta dan Sekitarnya Senin Dini Hari, Tidak Berpotensi Tsunami

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat diminta agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah. (San)

Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Gempa 5,5 SR Guncang Kepulauan Selayar, Tak Berpotensi Tsunami

Sumber: Tribun Timur
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved