Breaking News:

Viral Fenomena Embun Upas di Dieng, Tanaman Terselimuti Kristal Es Putih, BMKG: Sudah Sering Terjadi

Kepala BMKG Semarang, Achadi memberikan penjelasannya soal fenomena munculnya kristal es yang menyelimuti tanaman di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah

https://twitter.com/alexjourneyID
Viral Fenomena Embun Upas di Dieng, Tanaman Terselimuti Kristal Es Putih, BMKG: Sudah Sering Terjadi 

TRIBUNNEWS.COM - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang, Achadi Subarkah Raharjo memberikan penjelasannya soal fenomena munculnya kristal es yang menyelimuti tanaman di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. 

Achadi menjelaskan fenomena yang viral tersebut oleh warga sekitar disebut dengan embun upas.

Fenomena embun upas sendiri biasa dan sering terjadi di kawasan wisata tersebut sekitar Juni hingga Agustus.

"Ketika di Jawa tengah telah memasuki musim kemarau tepatnya di dataran tinggi Dieng, sudah sering terjadi adanya pembentukan es di permukaan bumi."

"Termasuk penampakan kristal es pada tanaman serta benda-benda lainnya tersebut, oleh masyarakat sekitar peristiwa ini dinamakan embun upas," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunnews, Senin (27/7/2020).

Baca: VIRAL Video TikTok Reaksi Ibu Mengetahui Anaknya yang Berusia 17 Tahun Hamil, Tawarkan 3 Pilihan

Achadi melanjutkan penjelasannya, secara fisis, peristiwa terbentuknya embun upas merupakan proses perubahan wujud benda secara alami yang terjadi dalam waktu singkat.

Yakni dari mengembun-membeku dan mencair.

"Sedangkan musim kemarau di Indonesia secara regional dipengaruhi oleh mesin cuaca dinamakan Monsoon Australia," ungkapnya.

Achadi mengandaikan, pada musim tersebut, benua Australia ibarat memiliki mesin kipas angin raksasa, yang mengembuskan massa udara bersifat kering dan dingin ke wilayah selatan garis ekuator Indonesia.

"Dataran Tinggi Dieng berada pada ketinggian rata-rata ± 2000 mdpl."

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved