Breaking News:

Tak Disangka, Jumlah ODHA di Ciamis yang Berstatus IRT Lebih Banyak Dibanding PSK

Dari ratusan kasus HV/AIDS itu 95 kasus terjaring tahun 2019 dan pada tahun 2020 ini sampai bulan Oktober sudah ditemukan 51 kasus HIV di Ciamis

net
Ilustrasi HIV/AIDS 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNNEWS.COM,  CIAMIS – Jumlah kasus HIV/AIDS di Ciamis tiap tahun terus bertambah.  Sejak tahun 2001 sampai 2020, di Ciamis total kasus HIV/AIDS sebanyak 562 kasus, di antaranya 305 kasus sudah tahap AIDS.

Dari ratusan kasus HV/AIDS tersebut, 95 kasus terjaring tahun 2019 dan pada tahun 2020 ini sampai bulan Oktober sudah ditemukan 51 kasus HIV di Ciamis.

Rata-rata tiap bulan ada 5  warga Ciamis yang tertular  HV/AIDS.

Lebih ironis lagi selama tahun 2012 sampai 2018 jumlah ibu rumah tangga (IRT) yang tertular HIV/AIDS di Ciamis lebih banyak dari pekerja seks komersil (PSK) yang mengidap  HIV/AIDS.

Pada kurun waktu waktu 8 tahun tersebut, jumlah ibu rumah tangga yang tertular HIV-AIDS di Ciamis sebanyak 54 kasus. Sementara PSK yang mengidap HIV/AIDS pada kurun waktu yang sama hanya 30 kasus.

Dari tahun 2014-sampai Juni 2020 di Ciamis ditemukan 18 kasus ibu hamil positip mengidap HIV.

Dan pada kurun waktu yang sama tercatat 12 orang bayi lahir positif HIV tertular dari ibunya.  

Baca juga: Fakta Temuan Mayat Bayi di Tumpukan Sampah di Cilebut Diperkirakan Berusia 1 Tahun

Kebanyakan dari bayi yang positif HIV meninggal. Terakhir Kamis (12/11) seorang bayi yang lahir dari ibunya yang positif HIV, meninggal. Dan kini hanya tinggal 3 anak yang positif HIV yang hidup.

“Ini membuktikan bahwa penularan HIV/AIDS di Ciamis sudah masuk dalam tatanan rumah tangga,” kata Kepala Dinkes Ciamis dr H Yoyo M.Kes pada pembukaan “Bulan Promosi Test HIV/AIDS Bagi Ibu Hamil” di Gedung PKK Ciamis, Selasa (17/11).

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved