Pilkada Serentak 2020

Cek Hasil Pilkada 21 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Lewat Link Ini

Tercatat, ada 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang menyelenggarakan pemungutan suara pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada hari ini.

Dok. Istimewa
Ilustrasi Pilkada serentak 2020. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hari Rabu (9/12/2020) sebagian masyarakat di Indonesia menggunakan hak suaranya memilih kepala daerah, termasuk di wilayah Jawa Tengah.

Tercatat, ada 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang menyelenggarakan pemungutan suara pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada hari ini.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah mencatat pada pilkada ini, ada seebanyak 44.077 TPS yang tersebar di 21 kabupaten/kota tersebut.

Baca juga: Hitung Cepat Pilkada Solo: Gibran Unggul Sementara 90,41 Persen Vs  Bagyo 9,59 Persen

Sedangkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di 21 daerah tersebut sebanyak 15.517.297 orang.

"Di setiap TPS ada tujuh petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) dan dua petugas Linmas. Total keseluruhan di 21 daerah, yakni 308.539 petugas KPPS dan 88.154 petugas Linmas yang bertugas," jelas Ketua KPU Jateng, Yulianto Sudrajat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyediakan laman resmi untuk memantau hasil pemilihan wali kota dan bupati beserta wakilnya di 21 daerah di Jateng.

Baca juga: Kini Tinggal di Surabaya, Arumi Bachsin dan Suami Rela ke Trenggalek Demi Gunakan Hal Pilih Pilkada

Masyarakat di daerah-daerah tersebut bisa mengecek hasil pemungutan suara melalui pilkada2020.kpu.go.id.

Data yang ditampilkan di laman tersebut merupakan data dari hasil foto formulir Model C Hasil-KWK yang dikirim Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melalui aplikasi Sistem Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara (Sirekap).

Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C Hasil-KWK tersebut, akan dilakukan perbaikan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Selain itu, data yang ditampilkan juga bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dari desa, kecamatan, kabupaten dalam rapat pleno terbuka.

Baca juga: Live Streaming Hasil Quick Count Pilkada Solo 2020, Gibran Atau Bagyo yang Menang?

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved