Membawa Anak, Pria asal Aceh Tengah Tersesat hingga di NTT, Diduga Depresi

Pria itu bernama Ramli. Ia tercatat sebagai warga Kampung Cibro, Kecamatan Celala, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh.

Editor: Willem Jonata
PEXELS.COM/Alex Smith
ILUSTRASI tersesat di hutan 

TRIBUNNEWS.COM - Seorang pria asal Aceh Tengah tersesat di Nusa Tenggara Timur (NTT). Ia diduga mengalami depresi saat ditemukan oleh warga setempat. 

Tak sendiri, pria yang diketahui bernama Ramli A (55), membawa anak perempuannya yang masih berusia 7 tahun.

Ramli tercatat sebagai warga Kampung Cibro, Kecamatan Celala, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Sosial Aceh Tengah Aulia Putra mengatakan, informasi penemuan ayah dan anak itu berasal dari seorang pengurus Masjid Jamik Al Muhajirin, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT.

"Yang bersangkutan didapati kemarin malam pada 7 Desember 2020 menginap di Masjid tersebut," kata Aulia Putra saat dihubungi, Rabu (9/12/2020).

Baca juga: Banjir Air Mata, Betrand Peto Bertemu Keluarga dari NTT Dalam Konser Tunggalnya

Selain itu, Aulia mendapat kabar bahwa pengurus paguyuban masyarakat Aceh di NTT dan Dinas Sosial di NTT juga sempat bertemu dengan Ramli dan anaknya.

"Kemarin, keluarga Pak Ramli A dalam hal ini adik kandung Beliau, yakni Ibu Salamah dan putrinya Juliana Putri didampingi Camat menemui Pak Bupati," kata Aulia.

Saat ini, Pemkab Aceh Tengah sedang bekerja sama untuk memulangkan Ramli dan anaknya ke Aceh.

"Pihak Kabupaten Aceh Tengah beserta keluarga sangat mengharapkan bantuan dan kerja sama dari Pemerintah Kecamatan Kefamenanu, Pemkab TTU dan Pemerintah Provinsi NTT, agar Pak Ramli A beserta putrinya dapat segera kembali ke kampung halamannya Cibro, Celala, Aceh Tengah," kata Aulia.

Diduga mengalami depresi Sementara itu, menurut informasi, ayah dan anak ini sering bepergian berdua ke sejumlah lokasi.

Keduanya juga pernah ditemukan tersesat di salah satu kabupaten di Aceh.

Ramli A yang diduga mengalami depresi itu diketahui sering bepergian dan menginap di masjid. Aulia membenarkan informasi tersebut.

Pihaknya sudah beberapa kali menangani kasus yang melibatkan Ramli A. Namun, awalnya kasus seperti ini tidak direspons dengan baik oleh pihak keluarga.

"Dalam satu kasus kami sudah berkoordinasi dengan pihak keluarga, tetapi kurang mendapatkan tanggapan. Mudah-mudahan ini jadi pelajaran berharga untuk kita semua," kata Aulia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Seorang Pria yang Diduga Depresi Bawa Anaknya dari Aceh hingga Tersesat di NTT

Sumber: Kompas.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved