Breaking News:

Virus Corona

Bantu Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Covid-19, BPPT Luncurkan Inovasi MBSL-2 di Bali

Setelah di Yogyakarta, kini MBSL-2 hadir di Bali, yang merupakan langkah nyata dalam mewujudkan pemulihan ekonomi wisata.

Humas BPPT
Kepala BPPT Hammam Riza bersama Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro dan Gubernur Bali I Wayan Koster saat luncurkan Inovasi Teknologi Roadshow Pengoperasian Mobile Laboratorium Biosafety Level - 2 (MBSL-2) varian bus di Bali, Selasa (22/12/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Task Force Riset dan Inovasi Teknologi Penanganan Covid-19 (TFRIC-19), telah melaksanakan berbagai aksi dalam rangka penanganan pandemi Covid-19.

Beberapa cara yang dilakukan yakni penguatan tracing, testing, detecting dan treatment. 

Satu di antara aksi yang dilakukan dan masih berlangsung adalah Bakti Inovasi Teknologi Roadshow Pengoperasian Mobile Laboratorium Biosafety Level - 2 (MBSL-2) varian bus untuk pemeriksaan specimen menggunakan PCR dalam rangka detecting Covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia. 

Baca juga: Laboratorium Berjalan untuk Test Covid-19 Milik BPPT Hadir di Yogyakarta

Setelah hadir di Yogyakarta beberapa waktu lalu, pada Selasa (22/12/2020) MBSL-2 varian bus telah berada di Bali yang menjadi tujuan selanjutnya dalam rangkaian roadshow Bakti Inovasi yang akan berlangsung hingga 26 Desember mendatang. 

"Kegiatan roadshow ini selain memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang inovasi teknologi tepat guna mobile laboratorium biosafety level-2 sebagai penguatan penanganan pandemi Covid-19, dengan hadirnya MBSL-2 ini pun merupakan langkah nyata dalam mewujudkan pemulihan ekonomi wisata dengan melakukan Bakti Inovasi MBSL-2 varian bus ini," kata Kepala BPPT Hammam Riza.

Hadir mendampingi Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

Baca juga: BREAKING NEWS Update Corona 22 Desember: 6.347 Positif, 5.838 Sembuh, 172 Meninggal

Gubernur Bali I Wayan Koster mengapresiasi hadirnya inovasi MBSL-2 ini.

Tentu dengan hadirnya inovasi mobile lab ini dapat membantu Bali dalam pemeriksaan spesimen Covid-19 yang akhir-akhir ini terus meningkat. 

Sementara itu, Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro mengatakan kegiatan bentuk bakti Inovasi ini dapat bermanfaat untuk pemulihan ekonomi pariwisata Bali

Sebagai informasi, giat roadshow Bakti Inovasi ini diiawali di Yogyakarta, Bali selanjutnya akan menuju Kabupaten Jombang dalam rangka meningkatkan kapasitas pemeriksaan specimen Covid-19.

Baca juga: Pemerintah Pastikan Memantau Perkembangan Varian Baru Covid-19

MBSL-2 varian bus dengan konsep yang sama, yaitu mobile, aman, dan akurat, mobile lab BSL-2 varian bus ini memiliki beberapa kelebihan dibanding generasi mobile lab sebelumnya, antara lain: 

1. Dibangun dengan platform bus, untuk memperkuat konsep mobilitas, sehingga dapat mudah dioperasikan di daerah yang membutuhkan

2. Penambahan fasilitas untuk ekstraksi RNA, sehingga dapat menggunakan reagen yang lebih bervariasi (metoda magnetic beads) untuk menjaga keberlanjutan pengujian

3. Penyempurnaan layout peralatan, untuk meningkatkan akurasi data dan keamanan personil penguji

4. Penyempurnaan sistem mekanik pintu yang dapat dibuka tutup secara touchless, untuk menghindari kontaminasi

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved