Breaking News:

Ganjar Pranowo : Saatnya Kepengurusan Koperasi Melibatkan Anak Muda

Koperasi perlu beradaptasi dengan perubahan zaman dan perkembangan kebutuhan sehingga koperasi bisa eksis dan memberi manfaat nyata bagi masyarakat

ist
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menunjukkan salah satu produk UMKM Jawa Tengah kepada Ketua Dekopinwil Jateng Dr. Walid Dalam pertemuan di rumah dinas Gubernur di Puri Gedhe, Semarang, Kamis (25/3/2021). Foto: istimewa 

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG  - Gubernur Ganjar Pranowo meminta Dekopinwil Jateng agar koperasi-koperasi lebih banyak melibatkan anak muda dalam kepengurusan agar memberikan warna entrepreneurship kekinian.

Menurut pengagum Bung Karno ini, keterlibatan anak muda penting karena masa depan Koperasi di Indonesia ada di tangan generasi muda.

“Koperasi perlu melakukan revitalisasi, termasuk di dalamnya pelibatan anak-anak muda masuk di jajaran pengurus agar bisa memberikan warna entrepreneurship kekinian.

Koperasi perlu terus beradaptasi dengan perubahan zaman dan perkembangan kebutuhan sehingga koperasi bisa eksis dan memberi manfaat nyata bagi masyarakat,” kata Ganjar saat menerima kunjungan  pengurus Dewan Koperasi Wilayah Jawa Tengah, di rumah dinas Gubernur di  Semarang belum lama ini.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 1,5 jam itu, Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Dr. Walid didampingi Kabid I Mulyadi, Kabid 3 Yawingun, dan sekretaris Dekopinwil Sarijan.

Alumnus S1 Fakultas Hukum UGM dan S2 Ilmu Politik Universitas Indonesia ini mendorong kemandirian Dekopinwil dengan kreatif melakukan kemitraan dengan berbagai pihak sehingga berkontribusi nyata untuk koperasi-koperasi.

Baca juga: Hindari Rentenir di Desa, Muhammadiyah Minta Wali Kota dan Bupati Bangun Koperasi Syariah

Menurut pria kelahiran Karanganyar 28 Oktober 1968 ini, manajemen koperasi-koperasi juga harus terus dibenahi agar usaha atau bisnis mereka bertumbuh menjadi besar dan mandiri.

“Membangun koperasi yang sehat dan besar harus menjadi komitmen kuat gerakan koperasi agar Koperasi-koperasi kita mandiri,” kata Gubernur Ganjar Pranowo seperti disampaikan Walid.

Ketika Walid melaporkan kemitraan Dekopinwil dengan Inkowapi untuk klasterisasi UKM kuliner sekaligus pengembangan ekspor komoditas produk koperasi di Jateng, Ganjar Pranowo justru menunjukkan berbagai produk dengan repakcing yang layak  untuk kualitas ekspor.

“Beliau mengambil beberapa produk barang yang terpajang di beberapa lemari terdekat dalam ruangan beliau. Semuanya bagus-bagus,” cerita Walid. “Ini sebuah knapolt produk purbalingga yang dipakai oleh perusahan-perusahaan mobil di Jerman,” kata Walid.

Halaman
123
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved