Breaking News:

Imbas Pengunjung Membludak, Hari Minggu Objek Wisata Pantai Batu Karas Ditutup

Selain menutup Pantai Batu Karas, aparat TNI-Polri akan mengerahkan personel untuk mengurangi kerumunan.

Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Wisatawan mencoba wahana banana boat di Pantai Batu Karas, Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (24/10/2014). Pantai Batu Karas yang merupakan pantai surganya para pencinta selancar air ini bisa dijangkau dalam waktu sekitar 45 menit dari pantai utama Pangandaran. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM - Membludaknya pengunjung di Pantai Batu Karas, Pemerintah Kabupaten Pangandaran memutuskan menutup obyek wisata tersebut, mulai Minggu (16/5/2021) pukul 00.00 WIB.

Penutupan ini imbas dari membeludaknya wisatawan di pantai tersebut, Sabtu (15/5/2021) pagi.

"Pak Bupati sudah rapat dengan Kapolres, Dandim, dan SKPD terkait, intinya Batu Karas ditutup mulai nanti malam pukul 00.00 WIB," kata Sekda Kabupaten Pangandaran, Kusdiana, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Sabtu malam.

Kusdiana tidak menyebutkan secara detail penutupan itu berlangsung berapa lama.

Baca juga: Pengunjung Membludak di Pantai Batu Karas Pangandaran, Petugas Sebut Itu di Luar Dugaan

Dia hanya menyebut, Senin (17/5/2021) sore Bupati Pangandaran akan memberi pengarahan pelaku wisata di Batu Karas supaya disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Akan memberi pengarahan di (kantor) Desa Batu Karas," ujar dia.

Suasana Pantai Batu Karas yang disesaki ribuan wisatawan, Sabtu (15/5/2021) siang. Pemkab Pangandaran langsung bereaksi tutup tempat wisata itu mulai Minggu besok.
Suasana Pantai Batu Karas yang disesaki ribuan wisatawan, Sabtu (15/5/2021) siang. Pemkab Pangandaran langsung bereaksi tutup tempat wisata itu mulai Minggu besok. (Tangkapan Layar Video)

Selain menutup Pantai Batu Karas, lanjut Kusdiana, aparat TNI-Polri akan mengerahkan personel untuk mengurangi kerumunan.

Jika di satu obyek wisata sudah dipenuhi wisatawan, maka petugas akan mengarahkan wisatawan ke obyek wisata lainnya di Pangandaran.

"Jumlah wisatawan akan diatur. Jika Pantai Pangandaran overload, akan dialihkan ke Batu Hiu, dan pantai lainnya," ujar dia.  

Selain itu, lanjut Kusdiana, petugas akan mengatur lalu lintas mulai objek wisata Karapyak, Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, hingga Batu Karas.

Halaman
12
Editor: Willem Jonata
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved