Breaking News:

Gempa di Sulteng

PLN Telah Pulihkan 100 Persen Listrik Akibat Gempa di Tojo Una-Una

T PLN (Persero) telah memulihkan 100 persen kelistrikan di wilayah terdampak gempa di Sulawesi Tengah. 

BMKG
Wilayah Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah diguncang gempa bumi pada Senin malam (26/7), pukul 19.09 WIB dengan kekuatan M 6,5 SR yang kemudian dimutakhirkan menjadi M 6,3 oleh BMKG. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT PLN (Persero) telah memulihkan 100 persen kelistrikan di wilayah terdampak gempa di Sulawesi Tengah

Pada Senin (26/7/2021), terjadi dua kali gempa dengan magnitudo 5,9 Skala Richter (SR) pada pukul 11.52 WITA dan 6,5 pada pukul 20.09 WITA di timur laut Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah

Gempa yang terjadi menyebabkan 317 gardu distribusi di sekitar Ampana terdampak, sehingga pasokan listrik bagi sekitar 29.400 pelanggan sempat terganggu. 

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo, Leo Basuki mengatakan, tim siaga PLN menerjunkan 24 personel untuk mengawal pemulihan layanan listrik untuk pelanggan, di mana pada hari ini pukul 02.17 WITA sistem Ampana sudah normal 100 persen. 

"Ada beberapa jaringan yang mengalami kerusakan. Tapi alhamdulillah berkat kerja cepat rekan-rekan petugas di lapangan listrik dapat segera kembali menyala," kata Leo, Selasa (27/7/2021).

Baca juga: FAKTA-FAKTA Gempa M 6,3 di Tojo Una-Una Sulteng: Dari Jenis hingga Catatan Sejarah

Ia mengimbau, pelanggan dapat menghubungi PLN jika terjadi masalah pada sistem kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile. 

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, jenis gempa hang terjadi di Tojo Una-Una merupakan jenis gempa dangkal yang terjadi akibat deformasi sesar lokal. 

"Jenis mekanisme gempa dengan memperhatikan episenter dan hiposenter, gempa ini jenis dangkal akibat deformasi sesar lokal. Hasil mekanisme sumber gempa bumi memiliki pergerakan normal atau patahan normal akibat dari patahan normal," ujar Dwikorita, dalam konferensi pers secara daring, Senin (26/7/2021). 

Dwikorita menyebut, episenter gempa di Tojo Una-Una terletak pada koordinat 0,77° LS; 121,95° BT tepatnya di laut pada jarak 58 Km arah timur laut Kabupaten Tojo Una-Una dengan kedalaman hiposenter 10 Km. 

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved