Breaking News:

Dukung Keberlanjutan Ekowisata di Kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas

Penanaman bakau menjadi sangat penting untuk menahan laju abrasi, serta menjaga kualitas ekosistem pantai dan biota bawah laut secara jangka panjang

Istimewa
Relawan melakukan penanaman bakau dalam Program Penanaman 10.000 Bakau di Pantai Batu Berang, Desa Mertak, Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk memeringati Hari Bakau Sedunia Senin (26/7/2021). Inisiatif ini diluncurkan Traveloka berkolaborasi dengan Sahabat Pulau Indonesia serta Pemerintah Provinsi NTB untuk memelihara kelestarian wisata alam dan bahari Desa Mertak, Mandalika 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tercatat sebagai salah satu desa wisata dalam Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika, Lombok, serta daerah penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika,  Desa Mertak ini dalam kondisi kritis.

Pasalnya desa wisata ini menawarkan wisata bahari dan ekowisata dengan pantai, pegunungan, dan bakau sebagai objek wisata utama, kondisinya menurun akibat terjadinya erosi dan abrasi.

Bahkan, selama satu tahun terakhir, bibir pantai telah bergeser sebanyak satu meter ke arah pantai.

Fakta inilah yang membuat Traveloka dan Sahabat Pulau Indonesia menanam 10.000 bibit bakau di Pantai Batu Berang, Desa Mertak, Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Inisiatif ini meliputi kegiatan penanaman bibit bakau hingga proses pemeliharaan kelestarian bakau selama dua tahun yang melibatkan masyarakat lokal.

Penanaman bakau menjadi sangat penting untuk menahan laju abrasi, serta menjaga kualitas ekosistem pantai dan biota bawah laut secara jangka panjang.

Baca juga: Jateng, NTB dan Sumut Masuk Data Sementara Indeks Inovasi Daerah Tertinggi 2021

Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah mengatakan selain memiliki peranan penting untuk mengurangi penyusutan area pantai hingga meredam ancaman tsunami, area bakau juga dapat menjadi tempat budidaya ikan, kepiting, dan udang yang menjadi sumber penghidupan para nelayan.

Penanaman bakau ini dapat memperbaiki ekosistem pantai secara jangka panjang sehingga mampu mendukung produktivitas kegiatan wisata di kawasan tersebut.

Selain itu, inisiatif ini juga menjadi salah satu penunjang kesiapan Lombok sebagai tuan rumah MotoGP dan acara internasional lainnya ke depan.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved