Breaking News:

Virus Corona

Satgas Jawab Prediksi Ahli soal Indonesia Masuk Jebakan Pandemi, Singgung Dunia Alami Hal Serupa

Satgas Covid-19 jawab prediksi Ahli Epidemiologi soal Indonesia masuk jebakan pandemi, singgung kasus di dunia juga alami hal serupa.

Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Suasana penyekatan di Jalan Jendral Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, tampak lengang dan pengendara tidak begitu signifikan melintasi pembatasan pada Hari Minggu (1/8/2021). Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 di Jakarta berlaku hingga 2 Agustus 2021 besok. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraja) 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Komunikasi Publik Satgas Covid-19, Hery Trianto, menanggapi prediksi Epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono soal Indonesia masuk jebakan pandemi Covid-19.

Adapun, maksud jebakan pandemi adalah saat Indonesia terus menerapkan kebijakan pengetatan dan pelonggaran aturan yang berulang hingga membuat sulit keluar dari pandemi.

Menanggapi prediksi tersebut, Hery tak menampik jika penerapan PPKM Darurat hingga Level 4 belum maksimal.

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang atau Tidak? Epidemiolog Sarankan Dilanjutkan demi Hindari Jebakan Pandemi

Sebab, seringkali situasi di lapangan menyulitkan pemerintah untuk terus melakukan pengetatan.

Contohnya, seperti ucapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat lalu yang menyebut saat melakukan semi-lockdown seperti PPKM, masyarakat sudah menjerit untuk minta dibuka kembali.

"Memang situasi di lapangan sering memaksa kita melakukan penyesuaian," kata Hery, dikutip dari tayangan Youtube tvOne, Senin (2/8/2021).

Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Hery Trianto dalam program Tv One, Rabu (7/7/2021).
Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Hery Trianto dalam program Tv One, Rabu (7/7/2021). (Tangkapan Layar Youtube Tv One)

Kendati demikian, Hery menyebut, saat ini pemerintah tengah menggencarkan tes Covid-19 dan pelacakan kasus atau tracing.

Meski pelaksanaannya masih jauh dari target sekira 400-500 ribu per hari, tetapi pemerintah akan terus berupaya untuk menangani pandemi dari sisi hulu terlebih dahulu.

"Kita semua sepakat menyelesaikan kasus Covid-19 ini harus dimulai dari hulunya."

Baca juga: Apakah Pemerintah akan Perpanjang PPKM Level 4 yang Berakhir Senin Besok?

"Selama periode pengetatan PPKM Darurat maupun level 4, testing juga terus meningkat hingga di angka 250 ribu per hari, walaupun belum sampai target yang ditetapkan pemerintah sendiri," jelasnya.

Halaman
1234
Penulis: Inza Maliana
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved