Breaking News:

Banjir di Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah Berangsur Surut

Banjir dipicu oleh intensitas hujan tinggi di wilayah hulu dan tengah Sungai Katingan yang kemudian menyebabkan Daerah Aliran Sungai (DAS) meluap.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Dewi Agustina
BNPB
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan melaporkan banjir yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, telah berangsur-angsur surut, Minggu (22/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan melaporkan banjir yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, telah berangsur-angsur surut, Minggu (22/8/2021).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Katingan, Andi B Baron saat dikonfirmasi mengatakan banjir tersebut sebelumnya terjadi karena dipicu oleh intensitas hujan tinggi di wilayah hulu dan tengah Sungai Katingan yang kemudian menyebabkan Daerah Aliran Sungai (DAS) tersebut meluap.

Akibatnya luapan tersebut akhirnya masuk ke permukiman penduduk.

Kondisi cuaca tersebut menurut Andi memang telah sesuai dengan prakiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya.

"Hujan dengan intensitas yang tinggi di wilayah hulu dan tengah Sungai Katingan pada tanggal 19, 20 dan 21 Agustus 2021, sesuai perkiraan BMKG pusat," ujar Andi dikutip dari siaran pers BNPB.

Di sisi lain, Andi juga mengatakan apabila tidak terjadi hujan dengan intensitas tinggi berturut-turut, maka kemungkinan besar banjir akan lebih cepat surut.

"Banjir pada umumnya apabila tidak terjadi hujan intensitas tinggi berturut-turut, maka tinggi permukaan air akan lebih cepat surut," jelasnya.

Baca juga: Banjir Tanah Bumbu Kembali Rendam 127 Rumah di Empat Desa

Berdasarkan pendataan oleh tim di lapangan, peristiwa banjir yang dipicu oleh faktor cuaca tersebut telah merendam 13 desa di 4 kecamatan dan berdampak pada 384 KK atau 1.536 jiwa.

Selain itu sebanyak kurang lebih 253 rumah, 5 unit fasilitas pendidikan, 2 unit tempat ibadah juga terdampak banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) antara 50-200 sentimeter.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved