Pemburu Madu Hutan di Ciamis Temukan Pria yang Dilaporkan Hilang 2 Minggu, Tubuhnya Lemas dan Lusuh

Tidak diketahui bagaimana Yadi bisa tersesat sampai ke dalam hutan yang jaraknya mencapai 25 kilometer dari rumahnya tersebut

Editor: Eko Sutriyanto
Istimewa
Setelah sempat menghilang selama 2 minggu, Yadi (47), warga Dusun Sidamulya, Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Ciamis ditemukan dalam kondisi mengenaskan di kawasan hutan Geger Bentang, Blok Pagadungan, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Minggu (25/9/2022) sekitar pukul 11.00 siang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Andri M Dani

TRIBUNNEWS.COM, CIAMIS - Yadi (47), warga Dusun Sidamulya, Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jabar ditemukan dalam kondisi mengenaskan di kawasan hutan Geger Bentang, Blok Pagadungan, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Minggu (25/9/2022) sekitar pukul 11.00 siang.

Yadi yang telah menghilang selama 2 minggu ditemukan pertama kali ditemukan oleh Firman (30) warga Kampung Madu, Banjaranyar yang bersama 4 orang rekannya dari kelompok pemburu madu hutan (PMH) sedang mencari madu lebah di kawasan hutan Geger Bentang yang berada di perbatasan Kecamatan Banjaranyar dan Kecamatan Pamarican tersebut.

“Saat ditemukan kondisi Yadi sudah lemas, lusuh dan badannya sudah dirubungi semut serta lalat tapi masih bernapas.

Begitu Firman dan kawan-kawan menemukan Yadi, mereka telepon saya,” ujar Heri Kuswanto yang biasa dipanggil Wanto, koordinator PMH dan kelompok tani hutan bina lestari Banjaranyar kepada Tribun.

Bagi warga Dusun Sidamulya dan sekitarnya, Yadi cukup dikenal suka nongkrong di pertigaan bersama warga.

Baca juga: Tebing Runtuh Jebol Rumah Warga Tambaksari Ciamis, Sebelumnya Tanah Bergerak Rengkah Akibat Hujan

Namun Wanto kondisi kejiwaan edan eling dan tidak pernah bepergian jauh.

“Namun sejak dua minggu lalu, Yadi menghilang tanpa diketahui keberadaannya.

Pihak keluarga dan warga sempat melakukan pencarian. Tapi belum membuahkan hasil,” katanya.

Baru sekitar pukul 11.00  Minggu siang, Firman bersama empat rekannya sesama pemburuh madu hutan (PMH) yang sedang mencari madu hutan di kawasan Hutan Geger Bentang menemukan Yadi tergeletak di antara semak belukar di Blok Pagadungan Ambulu tersebut, sekitar 25 km dari tempat tinggalnya.

“Tidak diketahui bagaimana Yadi bisa tersesat sampai ke dalam hutan yang cukup jauh dari rumahnya tersebut,” ujar Wanto.

Setelah mendapat informasi dari Firman, menurut Wanto ia memberi pihak keluarga dan warga.

“Tadi sore sekitar 30 orang warga berikut aparat desa serta pegiat adventure mendatangi lokasi ditemukannya Yadi,” katanya.

Yadi yang ditemukan dalam kondisi menggenaskan tersebut setelah menghilang selama 2 minggu menurut Wanto terpaksa dievakuasi dengan menggunakan tandu darurat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved